Bagi pelaku usaha, informasi tentang cara mendapatkan sertifikat badan usaha bukan satu-satunya yang harus diketahui. Daftar syarat perpanjangan sertifikat badan usaha jasa pelaksana konstruksi juga harus dipahami.

Kelengkapan syarat menjadi aspek penting agar proses pengurusannya bisa selesai tanpa kendala. Nantinya jasa pengurusan seperti Legalist.id yang bisa dimanfaatkan juga memerlukan syarat yang mendetail sesuai prosedur.

Syarat Perpanjangan SBUJK

Bagian ini akan membahas deretan syarat perpanjangan SBU online yang harus dilengkapi. Setidaknya ada lima golongan syarat yang akan diinformasikan. Agar tidak bingung apa saja syaratnya, simak daftar lengkapnya berikut ini:

1. Formulir

Syarat perpanjangan sertifikat badan usaha jasa pelaksana konstruksi pertama adalah formulir. Jenis formulir yang harus diserahkan ini bukan hanya satu, namun ada beberapa tipe sesuai kebutuhannya.

Formulir pertama adalah formulir data administrasi perusahaan. Ketersediaan formulir ini harus lengkap dan tidak boleh ditutupi. Selain itu, juga ada formulir tenaga kerja sebagai data rincian siapa saja yang bekerja di dalamnya.

Masih berkaitan dengan tenaga kerja, formulir pengalaman kerjanya juga harus ada. Dokumen ini akan dilengkapi dengan SPK atau kontrak, berita acara, serta bukti pembayaran pajak masing-masing tenaga kerja.

Sebagai tambahan, diperlukan juga sertifikat mutu, K3, serta lingkungan. Apabila masih bingung bagaimana cara mengurus formulirnya, maka bisa berkonsultasi dan memakai jasa Legalist agar ada panduan sampai selesai.

2. Dokumen Dasar Perusahaan

Sertifikat badan usaha 2024 yang ingin diperpanjang juga memerlukan dokumen dasar perusahaan. Salah satu dokumen dasar yang paling penting adalah akta pendirian perusahaan yang lengkap.

Bahkan jika akta pendiriannya sudah pernah mengalami perubahan, semua detailnya juga harus dilaporkan. SK yang ada juga harus dilengkapi dengan pengesahan BNRI atau Menkumham secara legal.

Selain itu diperlukan NPWP badan, SKT, SBU, dan PKP. Jangan lupa juga untuk menyerahkan surat keterangan domisili untuk pendirian perusahaannya. Perlu dipahami bahwa surat keterangan domisili ini harus jelas dan sesuai kondisi nyatanya.

Apabila tidak sesuai antara data dan alamat asli, maka nantinya proses perpanjangan akan bermasalah. Hal ini dikarenakan pihak yang menangani perpanjangan ini juga akan melakukan pengecekan langsung.

3. Dokumen Pihak Terkait

Dokumen syarat perpanjangan sertifikat badan usaha jasa pelaksana konstruksi selanjutnya adalah dokumen pihak terkait. Pihak yang berkaitan dengan perusahaan adalah komisaris, direksi, serta penanggung jawab teknik.

Komisaris dan direksi perusahaan harus menyerahkan KTP, CV, serta NPWP lengkap. Sedangkan penanggung jawab tekniknya harus menyerahkan KTP, CV, SKA, ijazah, serta NPWP.

Jadi untuk pihak penanggung jawab teknik ini memang harus menyerahkan data lebih banyak. Nantinya sebelum proses pengajuan dilakukan ke pihak berwenang, jasa perpanjangan SBU akan membantu mengeceknya terlebih dahulu.

4. Surat Pernyataan dan Permohonan

Peraturan SBU terbaru memang jauh lebih ketat dari sebelumnya apalagi untuk proses perpanjangan. Hal ini juga berkaitan dengan kewajiban syarat berupa surat pernyataan serta permohonan secara mendetail.

Jenis surat pernyataan dan permohonan ini tidak hanya satu. Untuk surat pernyataannya sendiri ada pernyataan badan usaha, pernyataan penanggung jawab teknik, dan pernyataan bukan pegawai negeri sipil.

Sedangkan untuk surat permohonannya terdiri dari permohonan peningkatan dan perpanjangan SBUJK. Tidak hanya itu saja, juga harus ada surat permohonan klasifikasi serta kualifikasi yang jelas dan asli.

5. Dokumen Keuangan

Syarat perpanjangan sertifikat badan usaha jasa pelaksana konstruksi yang terakhir adalah dokumen keuangan. Berapa pun biaya perpanjangan SBU 2024, rincian dokumen keuangan harus tetap dilengkapi.

Data finansial perusahaan menjadi bagian penting yang harus dilengkapi tanpa ada yang terlewat. Neraca perusahaan bisa dijadikan data yang diserahkan dengan. Namun neraca yang diserahkan harus memiliki waktu sekitar 2 tahun terakhir.

Selain itu, SPT perusahaan juga harus diserahkan sebagai bukti tambahan ketaatan pajak. Jangka waktu yang dibutuhkan juga sekitar 2 tahun lamanya agar proses keuangan perusahaan bisa dicek secara menyeluruh.

Penutup

Deretan syarat perpanjangan sertifikat badan usaha jasa pelaksana konstruksi di atas harus dipahami dengan baik. Jadi saat proses perpanjangan dilakukan, semua syaratnya sudah terpenuhi tanpa ada hambatan.