Istilah yang sering disebut dengan likuidasi Perseroan Terbatas memang menjadi hal yang menarik dibahas. Apalagi ketika berhubungan dengan sebuah konflik yang terjadi para suatu perusahaan. Mengingat secara umum likuidasi merupakan pembubaran.

Ada sejumlah faktor likuiditas yang biasanya turut mempengaruhi terjadinya proses pembubaran sebuah perusahaan. Salah satu yang sering terjadi adalah karena perusahaan mengalami kebangkrutan maupun kerugian.Β 

Pengertian Likuidasi

Sebelum menjabarkan lebih jauh, pahami dulu pengertian likuidasi agar tidak bingung. Yang dimaksud likuidasi adalah tindakan menyelesaikan maupun mengakhiri suatu masalah perseroan setelah diambil keputusan.

Perlu diketahui bahwa keputusan dalam ini bukan keputusan yang diambil secara pribadi. Melainkan keputusan yang diambil atas dasar pelaksana Rapat Umum Pemegang Saham. Istilah ini sering juga dikenal dengan nama RUPS.

Selain atas dasar hasil RUPS, keputusan likuidasi Perseroan Terbatas juga bisa berasal dari penetapan yang dilakukan oleh pihak pengadilan. Yang biasanya dalam penetapan akan menyatakan pemberhentian atau bisa juga pembubaran perusahaan.

Oleh sebab itulah sebelum melakukan pembubaran, pihak terkait perlu memahami peraturan likuidasi perusahaan dengan baik. Tujuannya supaya sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak menyalahinya.

Kewajiban Likuidator

Pada dasarnya seorang likuidator yang akan melakukan likuidasi punya sejumlah kewajiban yang hagus dilakukan. Nah, apa saja kewajiban likuidator? Baca penjelasan berikut ini:

  • Mengumpulkan sekaligus mencatat harta kekayaan, aset, hingga hutang perusahaan yang akan dibubarkan.
  • Kewajiban likuidator saat akan melakukan likuidasi Perseroan Terbatas berikutnya adalah membayar tanggungan pada pihak kreditur.
  • Memberikan pengumuman kepada pihak yang bersangkutan melalui likuidasi Berita Acara Republik Indonesia. Tentunya pengumuman tersebut berhubungan rencana likuidasi perusahaan tanah akan dilakukan.
  • Membayarkan sisa kekayaan perusahaan kepada pihak yang menanamkan saham di perusahaan tersebut.
  • Serta tindakan lain yang perlu dilakukan saat akan membubarkan perusahaan sesuai aturan.

Jenis Likuidasi

Istilah likuidasi Perseroan Terbatas ini ternyata ada beberapa jenis yang perlu diketahui. Dengan begitu pengusaha bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Lebih lengkapnya pembahasan kenjaa likuidasi adalah seperti penjelasan berikut:

1. Likuidasi Wajib

Salah satu jenis tindakan ini adalah sebuah tindakan wajib atau keharusan. Hal ini dilakukan ketika pembubaran Perseroan Terbatas bukan bertujuan untuk peleburan maupun penggabungan di kemudian hari.

Pasalnya perusahaan yang sudah dibubarkan tidak memiliki kekuatan hukum dalam bentuk apapun. Terkecuali untuk satu dan lain hal. Biasanya latar belakang terjadinya perusahaan wajib melakukan likuidasi Perseroan Terbatas yaitu karena petisi.

Nah, dari petisi tersebut akan melibatkan pihak pengadilan. Sehingga likuidasi perusahaan memang hahhs dilakukan. Dalam pembubaran perusahaan tersebut terdapat hak kreditur, pihak Perseroan Terbatas, pemilik saham dan seterusnya.Β 

2. Likuidasi Sementara

Jenis likuidasi pembubaran perusahaan berikutnya yaitu likuidasi sementara. Umumnya likuidasi jenis ini dilakukan saat perusahaan yang bersangkutan melakukan pelanggaran aturan tertentu. Lama waktu likuidasi ini biasanya ditetapkan hingga waktu tertentu.

Umumnya likuidasi Perseroan Terbatas uang dilakukan hanya sementara waktu ini bertujuan agar status quo perusahaan tetap bertahan. Lama waktu yang diperlukan untuk bertahan lebih kurang sampai pengambilan keputusan yang tepat.

3. Likuidasi Sukarela

Yang namanya likuidasi Perseroan Terbatas Sukarela juga akan dilakukan atas dasar kesepakatan sukarela dari pihak – pihak yang bersangkutan. Salah satu syarat hal ini bisa dilakukan tanpa hambatan yaitu paling tidak 75 persen pihak menyetujuinya.

Yang paling penting keputusan likuidasi Perseroan Terbatas yang diambil harus memperoleh persetujuan dari pihak dewan perusahaan. Nah, dalam pengambilan keputusan dewan perusahaan tersebut tentu akan melibatkan pihak direktur serta pemegang saham.

Jika keputusan sudah diambil dengan mempertimbangkan banyak hal. Maka tinggal disediakan saja pelaksanaan likuidasi dengan peraturan pembuatan PT yang ada. Dengan begitu perusahaan melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Solusi Mudah Likuidasi Perseroan Terbatas

Bagi Anda yang berkeinginan untuk melakukan pembubaran perusahaan karena satu dan lain hal. Kini ada layanan yang bisa membuat prosesnya mudah dan cepat, yaitu layanan dari Legalist.Β 

Alhasil Anda tidak perlu lagi mengurus berbagai macam hal tentang likuidasi Perseroan Terbatas sendiri. Sebab dalam prosesnya Anda akan didampingi oleh pihak profesional dan berpengalaman. Jika penasaran, pesan sekarang untuk membuktikannya!.