Sertifikat pendirian PT perseorangan adalah salah satu bagian penting yang harus dimiliki. Saat mendirikan PT jenis perorangan, sertifikat pendirian ini berfungsi untuk banyak hal. Oleh sebab itu, sertifikat pendirian harus diurus.

Mungkin banyak yang bertanya jika buat PT online gratis, apakah pembuatan sertifikatnya berbayar? Jika ingin jawabannya, maka akan dijelaskan dalam artikel ini mulai dari definisi hingga aspek lain yang terpenting.

Tentang Sertifikat Pendirian PT PeroranganΒ 

Sebelum melangkah lebih jauh, akan diinformasikan dulu tentang apa itu sertifikat pendirian untuk PT perseorangan. Jadi sebenarnya, sertifikat pendirian ini adalah dokumen bukti berdirinya perusahaan khususnya PT di Indonesia.

Proses pendaftarannya sendiri kepada menteri dan aturannya disesuaikan dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku. Jadi pendiriannya tidak bisa sembarangan karena berkaitan dengan hukum.

PT perorangan apakah memiliki akta pendirian? Jika ada yang bertanya demikian, maka jawabannya adalah punya. Namun yang dimaksud bukan akta pendirian yang disahkan notaris seperti CV, melainkan sertifikat yang disahkan menteri.

Oleh karenanya, sertifikat pendirian PT perorangan ini menjadi berkas krusial yang tidak boleh disepelekan. Fungsi dari sertifikat pendirian sendiri ada banyak dan berguna untuk kewajiban PT perorangan sebagai berikut:

  • Sebagai identitas perusahaan karena di dalamnya ada informasi terkait NIB, alamat, tanggal pendirian, serta nama pendirinya.
  • Untuk bukti legalitas yang sah sesuai ketentuan Indonesia. Jadi jika tidak ada sertifikat pendirian, PT dianggap ilegal.
  • Berguna sebagai media untuk akses ke berbagai akses dan fasilitas lain seperti membuka rekening, mengurus izin usaha, dan lainnya.

Syarat Pengurusan Sertifikat Pendirian PT

Sebelum membuat sertifikat pendirian PT perorangan sendiri atau dengan jasa bantuan, harus tahu dulu syaratnya Lalu apa persyaratan membuat PT perorangan? Jika ingin tahu, simak daftar berikut:

1. Data Pribadi

Syarat pendirian PT perorangan pertama yang wajib dipenuhi adalah data pribadi pendirinya. PT perorangan sendiri didirikan oleh dua orang yang berperan sebagai pemilik dan pemegang saham.

Tanpa dua orang ini, maka cara buat PT peroranngan online juga tidak bisa dilakukan. Data pribadi yang diperlukan adalah KTP serta NPWP. Jika keduanya sudah ada, maka sertifikat pendirian PT perorangan bisa segera diurus.

2. Modal Usaha

Untuk mendirikan PT, juga diperlukan modal PT perorangan sesuai ketentuan. Saat ini aturan modal untuk usaha mikro dan kecil adalah tidak lebih dari lima miliar rupiah. Data modal ini harus diserahkan dengan jelas.

Tanpa modal, maka pendirian PT tidak sah. Jadi nantinya sertifikat pendirian PT perorangan juga tidak akan bisa dibuat sesuai aturan. Jumlah modalnya juga harus disesuaikan agar tidak melebihi batas.

3. Alamat Usaha

Daftar syarat terakhir untuk mengurus sertifikat pendirian PT perorangan adalah alamat usaha. Pasti sudah banyak yang tahu bahwa alamat juga tercantum dalam contoh akta PT perorangan atau sertifikatnya.

Jika tidak ada alamat yang jelas, maka sertifikatnya tidak akan bisa diurus. Alamat ini juga harus nyata dan tidak boleh asal-asalan. Nantinya pihak terkait juga akan melakukan pengecekan untuk memantau keasliannya.

Cara Mengurus Sertifikat Pendirian PT

Setelah tahu nilai pentingnya sertifikat pendirian PT perorangan, maka harus tahu bagaimana cara mengurusnya. Untuk calon pendiri PT yang masih awam dengan pengurusannya, maka bisa memanfaatkan jasa bantuan.

Saat ini sudah banyak jasa bantuan yang bisa dipakai, dan salah satu yang terbaik adalah Legalist. Jika memakai jasa layanan seperti ini, maka ada banyak kemudahan yang bisa didapat.

Mulai dari proses daftar PT perorangan yang cepat, biaya yang kompetitif, serta minimnya kesalahan. Semua kemudahan ini bisa didapat dengan proses pengurusan online yang nyaman dan tidak membingungkan.

Jika dibandingkan dengan pengurusan online di situs Kemenkumham PT perorangan, pengurusan sertifikat pendirian PT perorangan dengan bantuan lebih memudahkan. Apabila mengurusnya sendiri, maka bisa jadi akan ada banyak kesalahan.

Penutup

Jadi berdasarkan penjelasan diatas sudah sangat jelas bahwa sertifikat pendirian PT perseorangan sangatlah penting. Untuk itu, segera urus sertifikat ini sesuai aturan agar PT yang didirikan sah di mata hukum.