Akta pendirian CV hilang adalah permasalahan yang seringkali dialami oleh perusahaan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena permasalahan seperti ini bisa diatasi. Akta pendirian adalah dokumen penting yang digunakan untuk menjalankan perusahaan. 

Ketika mendirikan CV, Anda perlu membuat akta pendirian yang tanda tangannya di hadapan notaris. Namun sebelum itu, ketahui dulu apa itu akta pendirian CV dan cara mengurusnya jika hilang. 

Sekilas Tentang Akta Pendirian CV

Akta pendirian CV adalah dokumen yang perlu membuktikan legalitas perusahaan. Dokumen ini langsung ditandatangani oleh notaris dan menjadi salah satu persyaratan pendirian CV di Indonesia. 

Dokumen akta pendirian CV menjadi bukti sah pendirian perusahaan karena di dalamnya terdapat informasi seperti kegiatan usaha, tujuan perusahaan, dan profil CV. Selain itu, akta pendirian juga dibutuhkan untuk mengurus Nomor Izin Berusaha atau NIB

Apabila terdapat perubahan lokasi, sekutu pasif atau aktif, dan sebagainya, maka Anda perlu mengurus akta pendirian CV notaris yang baru. Hanya saja terdapat perubahan pada judul dari akta pendirian CV menjadi akta perubahan CV. 

Isi Akta Pendirian CV 

Ketika Anda membuat akta pendirian CV terbaru, maka perlu mencantumkan beberapa hal di bawah ini. 

  • Anggaran rumah tangga dan anggaran dasar perusahaan. 
  • Sistem kepengurusan perusahaan.
  • Jumlah modal pendirian CV. 
  • Maksud dan tujuan pendirian perusahaan. 
  • Bidang usaha yang dijalankan VCV.
  • Alamat domisili perusahaan. 
  • Nomor dan nama CV. 

Apabila terdapat perubahan atau akta pendirian CV hilang, maka tetap mencantumkan semua  hal di atas pada akta baru. Anda bisa membuat akta pendirian CV yang baru ke notaris terdekat. 

Fungsi Akta Pendirian CV 

Lantas apa saja fungsi akta pendirian CV sehingga menjadi salah satu dokumen penting yang harus ada di perusahaan?

1.Memberikan Status Legal ke Badan Usaha 

Akta pendirian menjadi bukti legalitas CV di mata hukum yang akan terlihat langsung oleh Kemenkumham. 

2.Memberikan Kejelasan Pemilik CV 

Dokumen ini juga berfungsi sebagai penjelasan siapa yang menjadi sekutu aktif dan pasif dalam CV. Sehingga tidak akan terjadi perebutan kepemilikan perusahaan yang melibatkan perselisihan internal.

3. Dokumen Pendukung Pengurusan Perizinan 

Terakhir adalah sebagai dokumen pendukung pengurusan perizinan seperti NIB, TDP, SIUP, NPWP, dan ekspor impor. Adanya akta pendirian dapat membantu Anda mengurus persyaratan lain demi kelancaran perusahaan.

Hal yang Perlu Dilakukan Jika Akta Pendirian CV Hilang 

Permasalahan yang sering dialami pemilik CV adalah akta pendirian hilang. Jika Anda mengalami hal tersebut tidak perlu panik karena bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. 

1. Memperhatikan Informasi Penting 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan beberapa informasi penting dari salinan akta pendirian. Anda perlu mencatat nomor akta, nama notaris, dan tanggal akta pendirian. 

Informasi tersebut ada pada halaman sampul akta. Jika tidak ada, Anda bisa melihat Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI atau salinan Tambahan Berita Negara. 

Dua dokumen tersebut mencantumkan informasi penting yang ada pada akta pendirian sehingga Anda bisa membuat ulang akta. 

2. Pergi ke Majelis Pengawas Daerah 

Setelah mengetahui informasi yang perlu, Anda bisa pergi ke Majelis Pengawas Daerah atau MPD Notaris sesuai dengan wilayah kerja notaris tersebut. 

Jika notaris pensiun atau pindah, Anda akan diberitahu mengenai notaris pengganti atau pemegang protokol yang mengambil alih dokumen tersebut. Sebelum mengurus akta notaris baru, Anda perlu melampirkan surat kehilangan dari kepolisian kepada MPD 

3. Mengajukan Permohonan

Terakhir adalah mengajukan permohonan kepada notaris yang bertugas untuk membuat akta pendirian CV baru. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika akta pendirian CV hilang karena dokumen tersebut bisa dibuat lagi oleh notaris. 

Banyak pebisnis yang tidak paham dan terlalu panik ketika akta pendirian hilang. Padahal jika Anda memiliki salinannya, semua masalah bisa teratasi dengan cepat. 

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk mengurus akta pendirian yang hilang bisa bekerja sama dengan Legalist. Legalist memiliki tim profesional yang akan membantu mengurus akta pendirian CV sehingga Anda hanya terima jadi saja.