Tahukah Anda apa sih itu company profile? Company profile merupakan alat pengenalan perusahaan profesional yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca

Dan menyampaikan informasi tentang suatu perusahaan secara ringkas.

Tanpa company profile, mungkin pengguna tidak akan mengetahui secara detail informasi perusahaan yang dibangun, produk apa saja yang ditawarkan, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya yang ada di bawah ini.

Apa Sih Itu Company Profile?ย 

Company profile adalah bentuk rangkuman dari pengenalan profesional tentang suatu perusahaan.

Company profileย  biasanya dapat ditemukan di situs web resmi perusahaan untuk memberikan gambaran informasi penting kepada audiens

Tentang bisnis perusahaan seperti kisah pendirian perusahaan, produk, layanan, dan posisi merek di pasar.

Secara garis besar, company profile bertujuan untuk menginformasikan keberadaan suatu perusahaan dengan informasi yang detail.

Dengan demikian, profil perusahaan dapat meningkatkan kesadaran pelanggan dan menarik perhatian mereka.

Tidak hanya itu, komponen atau isi company profile ini biasanya berisi cerita awal berdirinya sebuah perusahaan, visi dan misi, serta menceritakan kepada audiens tentang alasan menjual produk atau jasa.

Manfaat Company Profile

Setelah mengetahui apa sih itu company profile, Anda juga perlu tahu manfaat dari company profile tersebut.

Company profile berisi informasi detail tentang perusahaan yang berperan sebagai representasi media, alat pemasaran, pelengkap proposal dan publikasi.

Untuk menjalin kerjasama dengan klien atau vendor lain, pemilik usaha biasanya memakai company profile untuk memperkenalkan perusahaannya.

Sehingga harus dibuat sebaik mungkin agar bisa mencerminkan karakter dan nilai-nilai perusahaan Anda.

Hal yang Harus Ada dalam Company Profile

berikut ada beberapa unsur penting yang harus dimasukkan ke dalam company profile PT, antara lain yaitu:

1. Detail perusahaan

Masukkan informasi rinci untuk dimasukkan dalam profil perusahaan. Hal ini dilakukan agar audiens dapat mengenal perusahaan Anda lebih dalam.

Berikut adalah beberapa detail perusahaan yang dapat dituliskan seperti:

  • Nama perusahaan
  • Tanggal pendirian
  • Alamat perusahaan
  • Nomor telepon
  • Alamat website
  • Alamat email

2. Pencapaian perusahaan

Jika perusahaan telah mencapai beberapa prestasi, penting untuk memasukkannya ke dalam profil perusahaan. Prestasi yang dapat dituliskan dalam company profile misalnya adalah:

  • Penghargaan
  • Sertifikasi
  • Program dan proyek khusus
  • Testimoni
  • Pengakuan dari media atau berita

3. Informasi Dasar perusahaan

Terlepas dari apa sih itu company profile, berikut informasi-informasi dasar perusahaan yang bisa dituliskan:

  • Visi dan Misi
  • Deskripsi produk atau layanan
  • Sejarah dan pertumbuhan
  • Rincian tim inti
  • Portofolio klien

4. Informasi tambahan

Opsi ini bersifat opsional sehingga tidak wajib untuk menyertakannya. Contoh dari informasi ini adalah:

  • Penjualan tahunan
  • Target keuangan
  • Jumlah karyawan
  • Mitra
  • Foto-foto

Cara Membuat Company Profileย 

Bagaimana cara membuat company profile yang benar? Simak penjelasan di bawah ini.

  • Langkah awal sebelum menulis company profile yaitu menentukan tone dalam pembuatan company profile, yakni tentang bagaimana menyampaikan informasi di dalamnya.
  • Memilih media yang tepat. Misalnya target audiens Anda adalah anak muda yang menggunakan gadget dan mengakses informasi online setiap hari.

Tentunya akan lebih tepat untuk membangun sebuah website yang dapat diakses secara online dan informasinya dapat dipromosikan melalui media sosial untuk bisnis.

  • Tulis detail informasi tentang perusahaan seperti Nama perusahaan, Lokasi perusahaan,Tanggal perusahaan didirikan, Kontak perusahaan, Tautan media sosial, Visi dan misi, Deskripsi produk/layanan yang ditawarkan.
  • Selanjutnya, sorot keunggulan perusahaan di profil. Informasi ini penting untuk citra perusahaan dan keunggulannya dibandingkan pesaing.
  • Selain harus memuat informasi seperti poin-poin di atas, company profile juga harus menarik agar dapat menarik perhatian audience.
  • Desainnya bisa Anda buat sendiri, baik untuk company profile berupa brosur maupun website.

Setiap perusahaan harus memiliki company profile untuk mendukung kegiatan perusahaan.

Buatlah company profile sebaik mungkin, karena klien atau investor akan menilai perusahaan Anda melalui company profile yang Anda buat.

Dengan penjelasan diatas, pastinya Anda sudah tak bingung lagi mengenai apa sih itu company profile untuk perusahaan.

Jika perusahaan Anda belum memiliki company profile, silahkan hubungi kami di legalist.id melalui halaman kontak yang ada.

Legalist memberikan layanan terbaik untuk setiap client, dengan harapan bisnis mereka dapat berkembang dan meningkatkan omset penjualan secara signifikan.