Apakah sebelumnya Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan OSS berbasis risiko? Nama lainnya adalah Online Single Submission Risk Based Approach atau OSS RBA yaitu jenis perizinan bagi para pebisnis. 

Perizinan Berusaha Berbasis Risiko adalah aplikasi berbasis web yang memberikan perizinan kepada pebisnis untuk memulai dan menjalankan bisnisnya. Aplikasi ini bisa langsung Anda akses melalui laman resmi OSS. 

Mengenal OSS Berbasis Risiko

OSS RBA adalah bentuk penerapan Peraturan Pemerintah nomor 5 tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yaitu aturan turunan dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 mengenai Cipta Kerja. 

OSS adalah aplikasi berbasis web yang bisa digunakan khusus untuk para pebisnis yang akan menjalankan suatu usaha. Aplikasi ini sudah terbagi menjadi beberapa jenis usaha sesuai dengan risiko masing-masing.

Adapun kategori usaha dibagi menjadi tiga jenis yaitu kegiatan usaha dengan risiko rendah, menengah, dan besar. Semakin tinggi risiko usaha yang Anda jalankan, semakin sulit perizinannya, begitu juga sebaliknya. 

Jenis Risiko di OSS RBA 

Bagi pebisnis yang ingin menjalankan usaha namun masih tidak tahu apa saja jenis risiko di OSS perizinan bisa simak penjelasannya di bawah ini. 

1.Risiko Tinggi 

Izin usaha dengan resiko tinggi perlu mendapatkan izin dari pemerintah agar bisa menjalankan operasional bisnis tersebut. Persetujuan tersebut dikeluarkan apabila pelaku usaha memenuhi semua persyaratan yang dimaksud. 

Sebelum menerbitkan izin usaha, pelaku usaha membutuhkan verifikasi dari banyak pihak mulai dari Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Apabila sudah memenuhi persyaratan, maka bisa mengeluarkan Sertifikat Standar sesuai dengan hasil verifikasi yang dilakukan.

Adapun contoh usaha yang termasuk dalam risiko tinggi adalah.

  • Apartemen 
  • Dermaga
  • Hotel atau penginapan 
  • Kawasan pariwisata 

2. Risiko Menengah Tinggi

Jenis berikutnya dalam OSS berbasis risiko adalah usaha dengan risiko menengah tinggi yang akan mendapatkan NIB dan sertifikat standar ketika usaha tersebut memenuhi persyaratan pemerintah. 

Sebelum Anda menjalankan usaha, maka Pemerintah Pusat dan Daerah akan menggunakan wewenangnya untuk melakukan verifikasi Standar Pelaksanaan Kegiatan Usaha. Namun biasanya, pemerintah akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan verifikasi. 

Setelah mendapatkan Sertifikat Standar, pebisnis bisa langsung menjalankan usaha dengan pengawasan dari pihak berwenang untuk memantau tingkat kepatuhan Anda. Beberapa contoh usaha dengan tingkat menengah tinggi.

  • Aktivitas wisata air seperti selancar angin, paralayar, perahu motor, selancar ombak, kano, dan sebagainya. 
  • Angkutan jalan rel wisata 
  • Angkutan Laut Dalam Negeri untuk wisata khusus yang berakomodasi
  • Angkutan Laut Dalam Negeri untuk wisata khusus yang tidak berakomodasi
  • Angkutan Laut Luar Negeri untuk Wisata 

3. Risiko Menengah Rendah 

Jenis usaha berikutnya yang membutuhkan izin OSS (online) adalah usaha yang termasuk kategori risiko menengah rendah. Pebisnis akan mendapatkan Sertifikat Standar dan NIB apabila bisnis yang dijalankan memenuhi persyaratan. 

Ada beberapa contoh usaha yang termasuk dalam risiko menengah rendah yaitu.

  • Apartemen hotel berisiko menengah rendah
  • Biro perjalanan wisata 
  • Daya tarik wisata alam lainnya
  • Jasa Manajemen Hotel
  • Museum yang dikelola langsung oleh pemerintah

4. Risiko Rendah

Jenis risiko usaha terakhir yang bisa diurus langsung di OSS berbasis risiko adalah usaha dengan resiko rendah. Untuk jenis usaha dengan resiko rendah hanya akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha atau NIB apabila usaha memenuhi persyaratannya. 

NIB tidak hanya menjadi identitas pelaku usaha saja melainkan juga menjadi dokumen Perizinan Berusaha yang menandakan legalitas dari usaha yang Anda jalankan. Apabila bisnis yang dijalankan adalah UMK, maka NIB berlaku sebagai perizinan tunggal.

Adapun peraturan yang berlaku terhadap kepemilikan NIB untuk pelaku usaha UMK sesuai dengan perundang-undangan di bidang perlindungan, kemudahan, dan pemberdayaan koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 

Contoh bisnis yang termasuk dalam risiko usaha rendah adalah pedagang eceran yang menjual bisnisnya melalui media online. 

Apakah Wajib OSS Berbasis Risiko? 

Banyak pebisnis yang bertanya apakah wajib untuk mengajukan izin ke OSS RBA? Jawabannya adalah wajib digunakan oleh Kementerian atau Lembaga, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, serta pelaku usaha. 

Legalist adalah jasa yang membantu pebisnis agar bisa mendirikan usaha. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha perlu mengatur izin ke OSS Berbasis Risiko agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar. Anda juga bisa bekerja sama dengan semua tim Legalist yang akan membantu mengurus izin usaha tersebut.