Jika sudah punya SBU atau Sertifikat Badan Usaha, Anda harus perhatikan masa aktifnya. Sebagai seorang pengusaha di bidang konstruksi, tentunya Anda sudah menyadari bahwa legalitas adalah hal penting untuk dimiliki.ย 

Untuk SBU, sertifikat ini akan aktif selama tiga tahun, setelah itu Anda harus melakukan perpanjangan SBU. Perpanjangan ini Anda butuhkan biar usaha tetap legal dan aktif. Tidak hanya itu, usaha Anda juga tetap bisa ikut tender proyek.ย 

Wajibnya Perpanjang SBU

Kenapa perpanjangan SBU menjadi sangat penting dan wajib untuk Anda lakukan? Tentunya jika perusahaan Anda tidak mempunyai SBU yang aktif, akan sulit untuk mendapat kesempatan ikut lelang proyek.ย 

Legalitas juga menjadi sebuah prioritas bagi calon mitra untuk memutuskan apakah akan bekerja sama dengan perusahaan Anda atau tidak. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengabaikan kewajiban SBU perpanjangan ini.ย 

Dalam melakukan perpanjangan SBU online, Anda harus perhatikan batas waktunya. Perpanjangan SBU wajib dilakukan minimal sebulan sebelum masa berlaku habis.ย 

Bagaimana jika melewati waktu tenggat? Bisnis Anda bisa masuk daftar tidak aktif, bahkan mendapatkan sanksi.

Persyaratan Dokumen

Syarat perpanjang SBU termasuk beberapa dokumen yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah dokumen yang bisa Anda persiapkan untuk perpanjangan SBU online.

  • Formulir permohonan perpanjangan SBU.
  • Formulir administrasi terkait.
  • Salinan SBU lama.
  • Surat pernyataan badan usaha, tanggung jawab mutlak.
  • Surat pernyataan bukan PNS untuk penanggung jawab dan dewan direksi.
  • Dokumen legalitas perusahaan, di antaranya adalah akta pendirian, akta perubahan pengurus, NPWP badan usaha, NIB (Nomor Induk Berusaha), SK Kemenkumham.
  • Data keuangan perusahaan. Di dalamnya termasuk laporan keuangan dua tahun terakhir, neraca perusahaan, SPT PPh Badan dua tahun terakhir.ย 
  • KTA (Kartu Tanda Anggota) asosiasi yang masih berlaku.
  • Data pengalaman pekerjaan dan pembagian kerja.
  • Dokumen pribadi penanggung jawab. Di dalamnya termasuk KTP, NPWP, ijazah terakhir untuk penanggung jawab teknik, pas foto.
  • SKA/SKT PJT (Penanggung Jawab Teknik) dan PJK (Penanggung Jawab Klasifikasi).
  • Bukti kontrak, faktur pajak terkait proyek, BAST.

Tidak semua pengusaha mungkin familiar dengan beberapa dokumen yang menjadi persyaratan perpanjang SBU, untuk itu Anda bisa menyerahkan masalah syarat perpanjang SBU ini pada ahlinya. Pilih jasa pengurusan terbaik untuk mengurus sertifikat usaha Anda.

Proses Perpanjangan SBU Menggunakan Jasa Pengurusan

Pengurusan perpanjangan SBU online bisa dilakukan secara mandiri. Akan tetapi, banyaknya syarat dan panjangnya proses kadang menyita banyak waktu Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jasa pengurusan yang bisa membuat semuanya jadi lebih mudah.ย 

Proses dan cek permohonan SBU Anda akan lebih praktis dan efisien dibandingkan dengan mengurusnya secara mandiri. Berikut ini adalah proses perpanjang SBU yang akan Anda lalui jika menggunakan jasa profesional.ย 

1. Persiapan Dokumen

Anda bisa menyiapkan dokumen yang menjadi syarat perpanjang SBU. Jika Anda tidak familiar dengan beberapa dokumen, maka bisa menanyakan pada pemilik jasa. Mereka akan membantu Anda untuk mempersiapkannya.ย 

Biasanya, jasa pengurusan juga memberikan daftar lengkap persyaratan dokumen yang perlu Anda siapkan. Jadi, Anda tidak perlu memakan waktu banyak untuk mempersiapkan dokumen.ย 

2. Pengiriman Dokumen

Selanjutnya, Anda bisa kirim semua berkas persyaratan secara online pada jasa pengurusan. Jika memilih jasa yang tepat, Anda juga akan mendapat fasilitas konsultasi untuk pastikan dokumen sudah lengkap dan sesuai.

3. Jasa Pengurusan Melakukan Pengajuan Perpanjangan

Anda tinggal menyerahkan proses selanjutnya pada penyedia jasa. Mereka akan mengajukan perpanjangan SBU melalui Online Single Submission (OSS) dengan menggunakan akun perusahaan Anda.ย 

4. Verifikasi oleh LPJK

Setelah pengajuan selesai, dokumen akan diverifikasi oleh LPJK. Proses ini berlangsung satu hingga tujuh hari kerja. Lamanya verifikasi juga bergantung pada kelengkapan dokumen dan kondisi sistem.ย 

5. Pengambilan Bukti Validasiย 

Setelah mendapat persetujuan, jasa pengurusan akan mengunduh bukti validasi dari website LPJK. Ini adalah bukti bahwa usaha Anda sudah aktif dan bisa terus beroperasi. Anda juga mempunyai kesempatan untuk mengikuti tender proyek konstruksi selanjutnya.ย 

Untuk mendapatkan fasilitas dan layanan terbaik, Anda bisa akses Legalist.id dan Instagram untuk mendapatkan kemudahan dalam mengurus perpanjangan SBU.