Anda memiliki usaha non konstruksi, tetapi bingung ingin mendapatkan sertifikat badan usaha (SBU)? Tak perlu bingung, simak berikut ini mengenai sertifikat badan usaha non konstruksi yang bisa Anda ketahui.

Sertifikat Badan Usaha

Setiap badan usaha, harus memiliki sertifikat badan usaha sebagai bentuk legalitasnya. Meski begitu, sebelum bahas sertifikat badan usaha non konstruksi, sudahkah Anda mengenal apa yang dimaksud dengan sertifikat badan usaha?

Sertifikat badan usaha atau sering disingkat SBU adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Terakreditasi untuk perusahaan sebagai bukti bahwa perusahaan layak dan legal dalam menjalankan usahanya.

Anda bisa membuat sertifikat tersebut secara mandiri. Namun, bagi Anda yang tidak terlalu memiliki banyak waktu, Anda bisa membuat sertifikat tersebut dengan bantuan jasa pembuat SBU terpercaya.

Manfaat Sertifikat Badan Usaha

Setelah mengetahui pengertian dari sertifikat badan usaha di atas, Anda bisa mengetahui manfaat dari sertifikat badan usaha sebelum Anda membahas sertifikat badan usaha non konstruksi.

Untuk selengkapnya, simak berikut ini mengenai 4 manfaat sertifikat badan usaha yang bisa Anda ketahui, di antaranya:

1. Sebagai Bukti Kompetensi Usaha

Sertifikat badan usaha (SBU) menjadi salah satu bukti kompetensi usaha yang menyatakan bahwa perusahaan Anda memiliki kemampuan mengenai klasifikasi dan kualifikasi tertentu.

2. Sebagai Persyaratan IUJK

Perusahaan Anda ingin mendapatkan IUJK atau Izin Usaha Jasa Konstruksi?

Bagi Anda yang memiliki perusahaan bergerak di bidang konstruksi, tentunya IUJK menjadi hal penting untuk didapatkan. Namun, sebelum bisa mendapatkannya, Anda harus memiliki SBU terlebih dahulu.

3. Sebagai Kualifikasi Ikut Tender

Perusahaan Anda ingin mengikuti tender untuk proyek-proyek besar yang biasanya diadakan oleh pemerintah? Sebelum bisa mengikutinya, Anda harus memiliki SBU sebagai pra-kualifikasi dari mengikuti tender.

4. Sebagai Peningkatan Kredibilitas Perusahaan

Apabila perusahaan Anda memiliki SBU, maka kredibilitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Dengan memiliki SBU, Anda bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan lain, seperti melakukan joint operation atau joint venture.

Jenis Sertifikat Badan Usaha

Setelah mengetahui 4 manfaat dari memiliki SBU, sudahkah Anda tahu SBU memiliki berbagai jenis? Jika belum, simak berikut ini mengenai beberapa jenis sertifikat badan usaha yang bisa Anda ketahui, di antaranya:

1. SBU Jasa Konstruksi

Sudahkah Anda tahu bahwa SBU banyak diincar oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi?

Terlebih lagi, banyak proyek pembangunan yang dilakukan pemerintah untuk kota-kota besar. Tentunya, perusahaan jasa konstruksi menjadi incaran.

Namun, untuk mengikuti proyek tersebut, Anda harus sudah memiliki SBU agar bisa masuk ke tender. Tak heran, SBU Jasa Konstruksi pun menjadi paling banyak incaran oleh perusahaan jasa konstruksi.

2. SBU Konsultan Konstruksi

SBU Konsultan Konstruksi sangat penting didapatkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang konsultan konstruksi,

Seperti konsultan keuangan, konsultan manajemen proyek, konsultan tata kelola, dan konsultan lainnya sebagai kredibilitasnya.

3. SBU Konsultan Non Konstruksi

SBU Konsultan Non Konstruksi juga sangat penting didapatkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang konsultan non-konstruksi selain dari konsultan bisnis dan konsultan finansial.

4. SBU Spesialis

SBU Spesialis sangat penting untuk perusahaan yang bergerak di bidang khusus, seperti kesehatan. Hal ini karena perusahaan tersebut membutuhkan sertifikasi khusus untuk kredibilitasnya.

Cara Dapatkan SBU

Setelah pembahasan jenis SBU, Anda pun ingin mengetahui cara untuk mendapatkan sertifikasi badan usaha non konstruksi?

Untuk selengkapnya, simak berikut ini mengenai cara mendapatkan sertifikat badan usaha yang bisa Anda lakukan.

  1. Sebelum mengajukan sertifikasi, pastikan tenaga ahli telah memiliki SKTK (Sertifikat Keterampilan) dan SKA (Sertifikat Keahlian), lalu tetapkan sebagai PJT (Penanggung Jawab Teknik) atau PJK (Penanggung Jawab Klasifikasi) saat mengajukan sertifikasi.
  2. Tenaga ahli tersebut mengajukan sertifikasi dan registrasi ke asosiasi.
  3. Tunggu SBU terbit. Nantinya, SBU terbit sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi oleh LPJK Provinsi setelah melalui proses dari Sertifikasi dan Registrasi Usaha.

Jasa Pembuatan SBU

Perusahaan Anda bergerak di bidang usaha non konstruksi? Ingin mendapatkan sertifikasi badan usaha non konstruksi, tetapi bingung bagaimana? Anda bisa memilih jasa pembuatan SBU, seperti Legalist.

Legalist adalah jasa yang menyediakan layanan berupa pembuatan dan pendirian CV, PT, izin usaha, SBU, hak merek, hak cipta, dan sebagainya.

Jasa ini pun mementingkan kepentingan klien sehingga terbilang berkualitas dan terpercaya.

Anda ingin mendapatkan SBU tanpa repot? Anda bisa menggunakan jasa Legalist ini dengan langsung berkunjung ke legalist.id. Melalui situs tersebut, Anda bisa memilih paket yang cocok dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Itulah pembahasan dari SBU, manfaat, jenis, cara untuk mendapatkan sertifikat badan usaha non konstruksi, hingga jasa pembuatan SBU yang bisa Anda gunakan. Jadi, Anda tak perlu khawatir dan repot mengenai SBU.