Ketika Anda akan memulai bisnis, salah satu hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan adalah surat keputusan pengesahan badan hukum Anda. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan badan hukum itu sendiri.

Lantas, bagaimana cara mendirikan PT atau badan hukum serta apa saja syarat yang harus dilengkapi? Maka di bawah ini akan menjelaskan beberapa persyaratan dan juga prosedur yang harus Anda ikuti untuk mendirikan suatu badan hukum.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Sebelum menyiapkan segala persyaratan dan prosedur pendirian pembuatan badan usaha, Anda harus melengkapi dokumen-dokumen penting berikut ini:

  • Copy KTP serta NPWP pemegang saham dan pengurus, minimal 2 orang.
  • Copy Perjanjian Sewa atau Bukti Kepemilikan Tanah/Bangunan.
  • Surat Keterangan Domisili yang diberikan pengelola gedung jika berdomisili di gedung perkantoran.
  • Surat Keterangan RT/RW (bagi perusahaan yang berdomisili di perumahan) terkhusus di luar Jakarta.

Proses Umum Pendirian Badan Usaha

Sebelum mengurus surat keputusan pengesahan badan hukum, Anda harus tahu prosedur dan syarat pendirian PT sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini. Dibawah ini cara mendirikan badan usaha, baik berbentuk hukum maupun non-hukum.

1. Membuat Akta Pendirian Usaha

Langkah pertama sebelum pengajuan SK badan hukum adalah perusahaan harus memiliki akta pendirian. Akta adalah salah satu dokumen penting yang berisi informasi lengkap perusahaan, seperti nama, domisili, bidang usaha, pemilik modal, dan lainnya.

Akta pendirian usaha dibuat di hadapan notaris bersama para pendiri perseroan dan ditandatangani oleh para pihak yang hadir.

Meskipun beberapa perusahaan tidak harus memiliki akta pendirian, dokumen ini tetap penting untuk pengesahan perusahaan dan merupakan persyaratan untuk urusan hukum.

2. Membuat NPWP Direktur dan NPWP Perusahaan

Untuk membuat surat keputusan pengesahan badan hukum, Anda juga harus mengurus NPWP, baik untuk Direktur maupun Perusahaan.

NPWP yang dimiliki Direktur harus dengan format terbaru tahun 2015 yaitu NIK KTP Direktur yang bersangkutan pada Kartu NPWP pribadinya.

Begitu juga dengan alamat yang tertera di NPWP pribadi. Selain itu, Direktur PT yang bersangkutan tidak boleh memiliki tunggakan pajak. Dengan begitu, SK pengesahan PT perorangan dapat Anda urus dengan mudah.

3. Membuat SKDP

SKDP adalah surat keterangan domisili perusahaan yang dapat Anda peroleh dari kantor kecamatan kemudian lanjutkan ke kecamatan untuk mereka terbitkan. Surat keterangan domisili ini mensyaratkan surat keterangan perusahaan sebagai persyaratan.

Selain itu, persyaratan lain juga terdiri dari fotokopi PBB tahun lalu, janji sewa tempat untuk rumah yang berbeda, surat perjanjian antar sewa, KTP dari direktur perusahaan dan hal terakhir yang wajib ada adalah mendirikan IMB.

4. Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB)

Dalam surat keputusan pengesahan badan hukum, NIB pun penting Anda urus. Nomor Induk Berusaha yaitu identitas pelaku usaha yang terbit dari OSS setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran 13 digit untuk keamanan dan dengan tanda tangan elektronik.

NIB berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API) hingga Akses Kepabeanan.

Tidak ada perbedaan dalam proses pengajuan NIB di OSS untuk PT perseorangan, badan usaha, dan badan hukum. Dengan memiliki NIB, bisnis Anda sudah terdaftar.

5. Pengesahan Anggaran Dasar

Tahap selanjutnya yang harus Anda siapkan adalah pengesahan anggaran dasar. Permohonan pendirian perusahaan akan Anda ajukan kepada menteri hukum dan hak asasi manusia dan tersetujui langsung oleh menteri.

Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum

Untuk cara mendapatkan SK pengesahan pendirian perusahaan ini, salinan Akta Perusahaan dan Surat Keterangan Domisili Anda perlukan. Ini juga untuk memudahkan semua urusan usaha dan bisnis milik Anda.

Jika saat ini Anda berniat untuk mendirikan PT, namun bingung cara mengurusnya, Anda bisa langsung menghubungi jasa pendirian PT legalist.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan Konsultasi gratis untuk mendirikan perusahaan Anda.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kemudahan proses pendirian badan usaha dengan layanan yang kami tawarkan di legalist.id.

Keuntungan yang akan Anda dapat adalah bisa melakukan konsultasi dan fasilitas yang pasti sangat berguna untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda akan kami arahkan untuk menggunakan jasa notaris yang handal untuk surat keputusan pengesahan badan hukum.