Mendirikan sebuah perusahaan berbentuk CV memiliki beberapa syarat yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah syarat pembuatan akta pendirian CV juga harus diperhatikan. Karena akta pendirian usaha adalah dokumen syarat pendirian sebuah CV.

Akta pendirian usaha berbentuk CV ini sangat perlu oleh pelaku usaha. CV menjadi bentuk usaha yang banyak peminatnya oleh pelaku usaha. Bagi Anda yang belum memahami betul bagaimana syaratnya, secara lebih lanjut akan dibahas berikut!

Seputar Akta Pendirian CV

CV adalah perusahaan yang berbentuk sekutu, di mana CV didirikan oleh dua atau lebih sekutu aktif dan sekutu pasif. Untuk bisa mendirikan sebuah usaha berbentuk CV, memerlukan beberapa dokumen syarat pendirian usaha.

Salah satu syarat membuat CV Β yang diperlukan untuk mendirikan CV, yakni akta pendirian. Akta pendirian usaha berbentuk CV merupakan dokumen pernyataan pendirian sebuah badan usaha. Dokumen tersebut tidak bisa dibuat sembarangan dan memerlukan syarat.Β 

Dalam akta pendirian CV akan memuat beberapa informasi mengenai badan usaha. Umumnya informasi yang tercantum dalam akta pendirian CV, yakni:

  • Nama perusahaan CV.
  • Nama pemilik modal usaha dan besaran modal dasar.
  • Mencantumkan kepengurusan perusahaan.Β 

Syarat Membuat Akta Pendirian CV

Selain biaya mendirikan CV ada syarat pembuatan akta pendirian CV yang perlu diperhatikan agar informasi yang dicantumkan tidak salah. Anda dapat mengurus akta pendirian CV di notaris atau jasa pengurusan legalitas usaha. Berikut beberapa syarat yang perlu:

  • Nama perusahaan serta lokasi berdirinya usaha.Β 
  • Jangka waktu perusahaan berdiri.
  • Maksud tujuan serta kegiatan oleh perusahaan.
  • Menyertakan jumlah modal dasar dan modal yang ada.Β 
  • Alamat resmi perusahaan.
  • Identitas para pemilik CV, baik sekutu aktif maupun sekutu pasif.Β 

Dokumen tersebut perlu Anda siapkan untuk kemudian dapat pengurusannya oleh notaris. Pastikan seluruh keterangan yang diperlukan sudah sesuai, dan jangan sampai ada kesalahan pengisian data.Β 

Fungsi dari Akta Pendirian CV

Bukan hanya sekedar dokumen persyaratan untuk pendirian CV, tapi akta pendirian memiliki beberapa fungsi. Dan, fungsi akta pendirian perusahaan ini memiliki peranan yang kuat untuk menjamin legalitas usaha. Berikut fungsi dari akta pendirian CV!

1. Sebagai Jaminan Status Legalitas Badan Usaha

Fungsi akta pendirian CV yang pertama, yakni sebagai jaminan status legalitas badan usaha. Adanya akta pendirian menjadi bukti bahwa CV berdiri secara legal dan sesuai aturan hukum pemerintah. Untuk itu, dapat dengan mudah mengurus pendirian CV di Kemenkumham.

2. Tanda Kepemilikan Perusahaan

Akta pendirian CV juga berfungsi sebagai tanda kepemilikan sebuah badan usaha. Karena adanya status legal ini akan memberikan kejelasan siapa pemilik CV. Di dalam akta pendirian juga tertera informasi seputar kepemilikan badan usaha.Β 

3. Sebagai Dokumen Syarat Pengurusan Izin Usaha

Kemudian, fungsi akta pendirian CV adalah sebagai dokumen syarat pengurusan izin usaha. Akta pendirian sebagai bukti legalitas usaha, sehingga penting bagi para pelaku usaha untuk mengurus. Nantinya ada beberapa izin usaha yang memerlukan akta pendirian:

  • Pengurusan Nomor Induk Berusaha.
  • Pengurusan SIUP dan TDP.
  • Pengurusan NPWP perusahaan.
  • Pengurusan izin ekspor atau izin impor, dan lain sebagainya.Β 

4. Menaikkan Citra Perusahaan

Selain itu, adanya akta pendirian CV juga berguna untuk menaikkan citra badan usaha karena terlihat lebih profesional. Meningkatnya citra perusahaan tentu akan menaikkan potensial bisnis yang berjalan kedepannya.

5. Membuka Peluang Bisnis Baru

Memiliki akta pendirian CV berarti badan usaha tersebut boleh melakukan aktivitas bisnis. Dan, adanya bukti legalitas tersebut dapat membuka peluang bisnis baru. Tentu perusahaan lain akan tertarik menjalin kerjasama bila CV memiliki kejelasan legalitas.Β 

Mengurus Akta Pendirian CV di Legalist!

Beberapa syarat pembuatan akta pendirian CV di atas harus benar-benar diperhatikan. Kemudian untuk mengurusnya Anda bisa mempercayakan Legalist.id sebagai jasa pengurusan legalitas terpercaya!

Anda yang bingung bagaimana cara mendirikan CV dan apa saja syarat yang diperlukan, Legalist.id akan membantu. Tidak hanya itu, Legalist.id juga menyediakan layanan pengurusan izin usaha seperti NIB, SIUP dan lainnya yang diperlukan untuk CV Anda.

Penutup

Syarat pembuatan akta pendirian CV jangan sampai terlewati dan jangan sampai salah. Akta pendirian bukan hanya sekedar dokumen pendukung pendirian CV tapi sebagai bukti legalitas usaha. Pastikan Anda mengurus akta pendirian usaha di Legalist.id!