NPWP PT perorangan tidak keluar bisa dipengaruhi oleh beberapa kemungkinan. Untuk itu, penting bagi Anda melakukan cek NPWP PT Perorangan. Sebagai pelaku usaha wajib untuk membayar pajak, dengan ini Anda harus melakukan pengecekan status NPWP perusahaan.

Anda dapat melakukan pengecekan secara online maupun offline, ataupun melalui perantara jasa legalitas. Tidak hanya PT biasa tapi PT perorangan pun wajib mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak. Berikut beberapa informasi mengenai NPWP PT Perorangan!

Seputar NPWP Untuk PT Perorangan

Beberapa pelaku usaha terlebih lagi pengusaha baru, tentu kurang memahami terkait dengan NPWP. NPWP PT Perorangan apakah sama dengan NPWP pribadi? Walau PT Perorangan merupakan badan usaha yang pendirinya hanya satu orang pendiri.Β 

Namun, NPWP pribadi dengan NPWP PT Perorangan jelas berbeda. NPWP PT Perorangan berisi nomor wajib pajak dari badan usaha perorangan tersebut. Secara kepemilikan, NPWP pribadi dengan NPWP untuk PT Perorangan sudah berbeda.Β 

NPWP untuk PT Perorangan pembuatannya paling lambat satu bulan setelah pendirian dengan mencantumkan beberapa syarat. Masalah terkait dengan NPWP yang tidak keluar dapat terjadi apabila syarat atau prosedur pendaftaran tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.Β 

Syarat Pendaftaran NPWP Untuk PT Perorangan

Masalah terkait NPWP PT perorangan tidak keluar ini bisa sebabnya oleh banyak faktor, salah satunya persyaratan yang tidak lengkap. Untuk itu, sangat penting memahami apa saja syarat yang diperlukan, sebagai berikut!

1. Badan Usaha Profit Oriented

Untuk daftar NPWP PT Perorangan perlu beberapa ketentuan dan syarat. Apabila syarat ini tidak sesuai maka nomor tidak akan keluar. Bagi badan usaha yang berorientasi pada laba, ada beberapa syarat yang harus disiapkan untuk mendaftar NPWP, yakni:

  • Salinan akta pendirian dan surat keterangan bentuk usaha.
  • Salinan paspor pengurus dan surat keterangan tempat tinggal dari kepala desa apabila pengurus PT adalah warga negara asing.
  • Salinan dokumen perizinan usaha dari instansi yang berwenang dan keterangan tempat usaha dari kepala desa wilayah perusahaan.

2. Badan Usaha Non Profit Oriented

Jangan mengira bahwa perusahaan non profit atau tidak berorientasi pada laba ini tidak harus membayar pajak. Padahal perusahaan non profit pun harus mendaftar sebagai Wajib Pajak dengan syarat berikut:

  • Menyertakan salinan KTP pengurus badan usaha atau organisasi.
  • Menyertakan surat keterangan tempat domisili badan usaha dari RT atau RW setempat.

3. Badan Usaha Joint Operation

Berikutnya, badan usaha joint operation atau KSO (Kerja Sama Operasi) juga wajib mendaftar menjadi Wajib Pajak. Walaupun kedua perusahaan tetap berkedudukan sebagai badan hukum yang berdiri sendiri, namun KSO harus mendaftarkan NPWP dengan syarat:

  • Menyertakan fotokopi akta pendirian sebagai badan usaha berbentuk koperasi kerjasama.
  • Menyertakan salinan kartu NPWP masing-masing anggota operasi kerjasama.
  • Menyertakan salinan NPWP pribadi salah satu pengurus perusahaan, atau sekurang-kurangnya menyertakan fotokopi paspor dan surat izin tinggal dari kelurahan setempat (bila penanggung jawab merupakan WNA).
  • Menyertakan dokumen perizinan usaha oleh pihak berwenang atau menyertakan bukti lokasi kegiatan usaha dari pemerintah kabupaten, minimal dari kepala desa.Β 

Cara Cek NPWP PT Perorangan

Mengecek status NPWP prosesnya secara langsung dengan mengunjungi kantor setempat atau secara online. NPWP online pengecekan melalui beberapa cara, dan tentunya lebih memudahkan Anda, berikut cara mengeceknya!

1. Mengecek di Web E-Reg Pajak

Secara online NPWP dapat dicek melalui website E-reg Pajak yang dapat diakses secara bebas dan gratis. Anda hanya perlu mengunjungi website tersebut dan login dengan akun yang Anda buat. Setelah itu, nomor NPWP akan muncul di layar ponsel.

2. Mengecek di Aplikasi DJP

Selain di Ereg Pajak, Anda dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi dari DJP. Hanya mengunduh aplikasi dan kemudian masuk ke akun yang sudah Anda buat sebelumnya. Setelah itu, Anda dapat mengecek status keaktifan nomor NPWP.

Bila NPWP PT perorangan tidak keluar kemungkinan syarat pendaftaran ada yang tidak sesuai. Dan segera hubungi kantor pajak setempat atau melalui Legalist.id yang dapat membantu permasalahan NPWP serta cara membuat NPWP.

Penutup

NPWP PT perorangan tidak keluar bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya persyaratan pendaftaran NPWP. Apabila terjadi masalah tersebut segera datangi pihak berwenang atau melalui Legalist.id.