Besaran pajak PT perorangan berapa persen? Pertanyaan seperti ini seringkali ditanyakan oleh pelaku usaha yang ingin membentuk PT. Informasi tentang pajak ini memang penting.Β 

Selain untuk mempersiapkan diri dalam proses pembayaran, pelaku usaha juga bisa merancang anggaran sejak awal termasuk perhitungan pajaknya. Oleh sebab itu, informasi mengenai besaran dan cara lapor pajak PT perorangan akan dijabarkan secara menyeluruh.

Jenis Pajak PT Perorangan yang Wajib Dibayar

Jika ingin tahu pajak PT perorangan berapa persen, maka harus paham dulu jenisnya. Hal ini dikarenakan perhitungan besarannya akan berbeda untuk masing-masing jenis. Agar bisa dipahami dengan baik, maka ikuti daftar dan penjelasannya sebagai berikut:

1. PPh (Pajak Penghasilan)Β 

Untuk jenis pertama ada yang namanya PPh atau Pajak Penghasilan. Jenis pajak ini akan dikenakan dengan besaran 0,5%. Besaran ini diambil dari pendapatan bruto yang sudah diraih setiap bulan dan bukan setiap tahun.

Namun perlu dipahami juga bahwa pelaku usaha yang mendapat nominal pajak 0,5% ini, hanya yang penghasilan brutonya kurang dari 4,8 miliar rupiah. Jika pendapatan bruto per tahunnya lebih dari itu, maka besaran pajaknya akan berbeda lagi.

Perhitungan pajak jenis ini mungkin akan sedikit membingungkan. Namun jika memakai jasa bantuan seperti Legalist.id, maka prosesnya akan jauh lebih mudah. Kalkulator pajak PT perorangan juga sudah ada untuk mulai dimanfaatkan.

2. PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Kemudian untuk jenis kedua yang juga harus dibayarkan adalah PPN atau Pajak Pertambahan Nilai. Besaran untuk pajak yang satu ini adalah sekitar 10%, sesuai dengan pendapatan bruto yang didapat.

Lalu kapan pajak ini dikenakan? Jadi PPN ini akan dikenakan saat usaha yang dijalankan sudah mendapat pendapatan bruto lebih dari 4,8 miliar rupiah. Perhitungan pendapatan bruto ini adalah per tahun.

Pajak PT perorangan 2024 yang dikenai PPN juga harus melaporkan pendapatannya secara jelas dan transparan. Apalagi jika sebelumnya pendapatan belum sesuai dan saat ini ada kenaikan, maka pihak terkait harus segera melaporkannya.

Tips Mengurus Pajak untuk Pemilik PT Baru

Informasi tentang pajak PT perorangan berapa persen memang sudah dijelaskan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada pemilik PT baru yang masih kebingungan. Apalagi aturan pembayaran pajak tergolong banyak.

Oleh sebab itu, akan diberikan dua tips mengurus pajak paling pas untuk dijalankan. Informasi ini tidak bisa disepelekan karena berkaitan dengan proses pembayarannya. Agar bisa dipahami dengan baik, simak daftar tips ini:

1. Mencari Jasa Bantuan

Tips pertama yang harus dijalankan adalah mencari jasa bantuan. Seperti yang sudah diinformasikan, proses pengurusan pajak memang tidak mudah. Tidak cukup hanya dengan tahu besaran pajaknya.

Oleh sebab itu, perlu pendampingan ahli seperti Legalist.id sampai prosesnya selesai. Nantinya cara bayar pajak PT perorangan akan dijalankan jasa bantuan sehingga prosesnya minin akan kesalahan.Β 

Perlu diketahui juga bahwa saat ini jasa pengurusan pajak PT sudah banyak. Namun sayangnya, tidak semua bisa dipercaya. Jadi untuk menghindari penipuan, pastikan untuk mencari jasa yang bisa memberikan jaminan terbaik.

Jangan lupa juga untuk melihat testimoni jasa yang akan dipakai. Bagian ini akan sangat krusial karena bisa memberikan informasi detail dan konkret. Semakin mencari tahu, maka akan terlihat apakah jasa bantuannya bisa dipercaya atau tidak.

2. Melakukan Konsultasi

Kemudian untuk tips kedua yang wajib dijalankan adalah melakukan konsultasi. Pajak PT perorangan berapa persen sudah diketahui, maka sekarang informasi perhitungannya juga wajib untuk dipahami.Β 

Jalan terbaik untuk memahaminya adalah melakukan konsultasi. Pemilik PT yang sudah berkonsultasi dengan Legalist.id bisa mengetahui prosesnya. Contoh perhitungan pajak PT perorangan juga akan diinformasikan secara menyeluruh.

Penting untuk melakukan konsultasi karena masing-masing PT memiliki kondisi yang berbeda. Oleh sebab itu, proses perhitungan dan simulasi pajaknya harus disesuaikan kembali sesuai kondisi PT.

Jadi itulah informasi dasar tentang besaran pajaknya. Jika ada yang bertanya lagi tentang pajak PT perorangan berapa persen, maka bisa diinformasikan sesuai penjelasan yang sudah dipaparkan di atas.