Suatu perusahaan pengadaan barang harus memiliki sertifikat badan usaha atau SBU yang jelas. Perlu dipahami bahwa sertifikat badan usaha pengadaan barang memiliki perbedaan dengan SBU lain meski tidak banyak.

Jadi bagi pelaku usaha yang ingin membuatnya, harus paham apa itu SBU pengadaan barang sampai bagaimana cara daftar sertifikat badan usaha khusus pengadaan barang. Apabila semua sudah dipahami, maka proses pembuatannya akan mudah.

Syarat Membuat SBU Khusus Pengadaan Barang

Sebelum fokus pada cara pembuatan SBU pengadaan barang, akan diinformasikan dulu rincian syaratnya. Syarat ini sudah sesuai dengan peraturan SBU terbaru sehingga bisa dijadikan pedoman. Berikut daftar syaratnya:

1. Data Keuangan Perusahaan

Syarat pertama yang harus dilampirkan saat membuat sertifikat badan usaha pengadaan barang adalah data keuangan. Data ini tidak bisa disembunyikan dan harus dilampirkan secara jelas dan nyata.

Ada dua data keuangan yang sangat diperlukan. Pertama adalah data penjualan tahunan dari barang yang akan dibuatkan sertifikatnya. Jadi data penjualannya harus jelas, berapa produk terjual dan berapa nilai jualnya.

Kemudian untuk data yang kedua adalah data kemampuan keuangan atau nilai aset perusahaan. Jadi perusahaan yang akan membuat SBU harus bisa membuktikan bahwa perusahaannya memiliki aset yang stabil dan jelas.

Dua data tersebut tidak boleh dimanipulasi karena nantinya akan diaudit oleh pihak berwenang. Apabila selama proses audit ditemukan ada perbedaan data, maka kode SBU pengadaan badang dan jasa juga tidak bisa disesuaikan.

2. Data Tenaga Kerja dan Keanggotaan BUJK

Lalu untuk golongan syarat kedua ada yang namanya data tenaga kerja dan keanggotaan. Untuk data tenaga kerja ini, harus sesuai dengan konstruksi dan sistem kerja yang berjalan dalam perusahaan.

Jika tidak ada data tenaga kerja yang menjalankan pekerjaan, maka SBU tidak akan bisa diberikan. Kemudian, perusahaan juga harus terdata sebagai anggota asosiasi BUJK. Jadi data keanggotaan ini juga sangat krusial.

Harus dipastikan juga bahwa keanggotaannya memang benar terdaftar di LPJK. Jika tidak terdaftar, maka proses pengurusan SBU-nya tidak akan selesai. Oleh sebab itu, dua aspek ini tidak bisa disepelekan.

Mungkin ada juga pelaku usaha yang masih bingung bagaimana cara menjadi anggota asosiasi BUJK. Jika bingung, maka bisa berkonsultasi dengan Legalist.id agar ada ahli yang menjelaskan tentang sertifikat perusahaan sampai menyeluruh.

3. Data Peralatan dan Sistem Manajemen Anti Suap

Syarat membuat sertifikat badan usaha pengadaan barang terakhir yang harus disediakan adalah data peralatan serta data sistem manajemen. Jadi perusahaan yang akan membuat SBU harus menyediakan data kemampuan dalam penyediaan peralatan.

Selain itu, diperlukan juga data yang menjelaskan bahwa perusahaan sudah menerapkan sistem manajemen anti penyuapan. Sistem ini harus sesuai dengan ISO 37001. Jika tidak sesuai, maka SBU tidak akan bisa dibuat.

Apabila masih belum menerapkannya, maka bisa dipelajari sejak dini untuk mulai diterapkan. Prosesnya memang tidak bisa instan dan ada banyak waktu yang akan terpakai. Meski demikian, detailnya sangat penting dalam proses pengurusan SBU.

Cara Membuat SBU Khusus Pengadaan Barang

Mungkin sudah banyak yang tahu jika sertifikat badan usaha pengadaan barang bisa dibuat secara online. Namun perlu dipahami juga bahwa proses pengurusannya tidak terlalu mudah dan tahapannya banyak.

Untuk itu, cara pembuatan SBU yang paling direkomendasikan adalah dengan memakai layanan dari Legalist.id. Melalui layanan jasa ini, maka proses pengurusannya bisa selesai dan minim kesalahan.

Apalagi jika pelaku usaha masih bingung dengan kode klasifikasi pengadaan barang dan jasa, maka pemanfaatan layanan Legalist adalah jalan yang tepat. Hal ini dikarenakan Legalist sudah menyediakan layanan konsultasi.

Selain itu, prosedur yang dijalankan sudah sesuai dengan aturan sehingga dokumen yang diluncurkan juga sah. Pelaku usaha hanya perlu melakukan konsultasi, menyerahkan syarat, melakukan pembayaran, dan menunggu hasilnya selesai.

Penutup

Pelaku usaha yang ingin membuat sertifikat badan usaha pengadaan barang harus paham semua syarat di atas. Kemudian untuk prosesnya, bisa diserahkan kepada jasa pembuatan SBU yang terpercaya agar prosesnya tidak salah.