Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) adalah salah satu sertifikasi yang wajib Anda miliki jika ingin memulai bisnis konstruksi. Karena alasan itulah Anda perlu tahu bagaimana alur pembuatan SBUJK dan apa saja syarat dokumennya.

Secara garis besar, langkah pembuatan SBUJK itu cukup mudah untuk Anda lakukan. Jika Anda bingung harus memulai dari mana, berikut adalah panduan lengkap pengurusannya! Pelajari tahapan dan alur pembuatan SBUJK pada penjelasan detail di bawah!

Alur Pembuatan SBUJK

Hal pertama yang harus Anda pahami sebelum bisa mengurus sertifikasi ini adalah siapa yang mengeluarkan SBUJK, yaitu Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU). Namun, Anda tidak bisa secara langsung mengurus sertifikatnya di sana sekaligus. 

Ada beberapa tahap yang perlu Anda ikuti dalam alur pembuatan SBUJK, yaitu:

1. Tentukan Klasifikasi & Kualifikasi Usaha

Langkah pembuatan SBU Konstruksi yang pertama adalah menentukan klasifikasi dan kualifikasi usaha. Hal ini mengingat ada banyak sub-bidang yang bergerak di bidang konstruksi. Setiap bidang perlu sertifikat dengan kode SBU yang tidak sama.

Misalnya jika perusahaan Anda bergerak di sub-bidang Jasa Konstruksi Gedung Perkantoran, maka Anda perlu mengurus SBU BG002. Sedangkan untuk Konstruksi Gedung Hunian, maka Anda perlu mengurus sertifikasi dengan subklasifikasi SBU BG001.

Selain soal klasifikasi, perhatikan juga kualifikasi usaha Anda, apakah termasuk usaha kecil, menengah, besar, dan lain sebagainya. Kualifikasi ini sangat vital dalam pembuatan SBU, mengingat syarat SBU kecil akan berbeda dengan SBU menengah dan besar. 

Untuk mengetahui usaha Anda masuk ke dalam kualifikasi yang mana, cara yang paling mudah hanya tinggal melihat jumlah modal. Jika jumlah modalnya kurang dari Rp1 miliar, maka perusahaan konstruksi Anda bisa masuk ke dalam kategori SBU kecil. 

Namun jika jumlah modal ada di antara Rp1 miliar hingga Rp10 miliar, maka Anda bisa masuk ke dalam kualifikasi SBU menengah. Sedangkan untuk SBU besar, perusahaan Anda pun perlu modal yang lebih besar juga, biasanya lebih dari Rp10 miliar.

2. Urus Pendirian Perusahaan

Setelah tahu kualifikasi dan klasifikasi usaha, maka alur pembuatan SBUJK yang selanjutnya adalah mendirikan usaha secara legal. Terutama jika perusahaan Anda belum memiliki kekuatan hukum di mata hukum Indonesia sesuai aturan undang-undang. 

Menurut UU PT, untuk dianggap legal perusahaan Anda butuh akta pendirian perusahaan dan SK Kemenkumham. Selain itu, pastikan Anda mengurus dokumen lain yang berkaitan dengan legalitas, termasuk NIB, NPWP Badan, surat domisili, dan lain sebagainya. 

3. Urus Sertifikasi Tenaga Kerja & Daftar Asosiasi Perusahaan Jasa Konstruksi

Sebelum bisa membuat SBUJK online, Anda juga harus mengurus sertifikasi tenaga kerja dan mendaftar keanggotaan asosiasi perusahaan jasa konstruksi terlebih dulu. Pasalnya, dokumen tersebut termasuk syarat pembuatan SBU Konstruksi yang harus ada.

Beberapa jenis sertifikasi yang harus dimiliki oleh tenaga kerja di perusahaan Anda adalah Sertifikat Keterampilan (SKT) dan Sertifikat Keahlian (SKA). Hal ini mengingat proyek konstruksi harus benar-benar dikerjakan oleh para tenaga ahli.

Selain SKT dan SKA, pastikan Anda juga sudah mengurus keanggotaan di asosiasi perusahaan konstruksi. Ada banyak contoh asosiasi yang bisa Anda pilih dan sudah terakreditasi, misalnya seperti Askonas, Gapeksindo, Gapensi, Gapeknas, dan lain sebagainya. 

4. Urus Laporan Keuangan Perusahaan dan Dokumen Pendukung Lainnya

Lalu, jangan lupa untuk mengurus laporan keuangan perusahaan dan berbagai dokumen pendukung lainnya sebelum perusahaan Anda bisa membuat SBU. Anda pun bisa menggunakan biro jasa lembaga terpercaya untuk mengurus semua proses pembuatannya. 

Misalnya dengan menggunakan bantuan dari Legalist.id, sehingga cara membuat SBU akan terasa semakin mudah. Anda bisa langsung menyerahkan semua syarat dokumennya pada kami, dan membiarkan tim kami mengurus pembuatan sertifikat untuk Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan tim kami untuk mengurus beberapa syarat membuat SBU untuk Anda. Jadi, prosesnya akan terasa lebih mudah dan cepat karena ada tim profesional yang siap membantu Anda mengurusnya.

Karena itu, untuk mempermudah alur pembuatan SBUJK, jangan ragu untuk menghubungi Legalist.id, termasuk melalui IG. Dengan bantuan kami, SBUJK Anda bisa terbit dengan lebih cepat dan lebih mudah!