Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah kajian yang digunakan untuk menganalisis dampak penting dari kegiatan bisnis atau usaha yang direncanakan terhadap lingkungan. Istilah AMDAL sudah diperkenalkan sejak tahun 1969 lho.
Banyak kegiatan bisnis yang harus mengurus izin AMDAL untuk bisa melanjutkan kegiatan operasional perusahaan.
Lantas, bagaimana cara mengurus izin AMDAL sesuai dengan prosedur di Indonesia? Cari tahu jawabannya pada rangkuman informasi di bawah ini, yuk!
Cara Mengurus Izin Analisis Mengenai Dampak LingkunganΒ
Saat ini, AMDAL memberikan pengaruh besar terhadap bisa atau tidaknya suatu proyek dilakukan di pada suatu Kawasan. Jika proyek tersebut mempunyai banyak hal positif daripada negatifnya terhadap lingkungan, maka kegiatan itu bisa dilaksanakan.
Sebelum mengurus izin ini, tentu Anda juga harus tahu apa saja cara yang harus ditempuh untuk mengurus AMDAL sesuai dengan prosedur. Yuk, simak cara mengurus izin AMDAL di Indonesia berikut ini.
1. Penapisan (Seleksi)
Tahapan atau cara pertama yang harus Anda lalui untuk mengurus izin AMDAL ini adalah dengan melalui proses penapisan. Proses ini digunakan untuk mengetahui apakah suatu bisnis wajib mengurus izin AMDAL atau memang tidak diperlukan.
Proses penapisan atau seleksi ini menggunakan sistem satu langkah guna mengetahui perusahan apa saja yang harus mengurus izin AMDAL.
Jika dirasa kegiatan perusahaan Anda tidak perlu mengurus izin AMDAL, maka perusahaan tidak berkewajiban mengurusnya.
2. Pengumuman
Setelah proses penapisan, tahapan selanjutnya yang harus Anda lewati adalah proses pengumuman. Pada tahapan ini, Anda bisa mengetahui apakah perusahaan Anda wajib mengurus izin AMDAL atau tidak.
Proses pengumuman hanya boleh terlakukan oleh instansi yang bertanggung jawab dan pemrakarsa dari kegiatan tersebut.
3. Pelingkupan
Tahap pelingkupan merupakan salah satu proses penting yang harus terlalui oleh para pebisnis yang sedang mengurus izin AMDAL. Pada proses pelingkupan, terdapat tahap yang menentukan lingkup permasalahan.
Selain itu, proses pelingkupan juga mengidentifikasi dampak penting yang terkait dengan rencana kegiatan pada suatu bisnis lho. Oleh karena itu, proses ini amat penting untuk diperhatikan.
Melalui proses pelingkupan ini, maka akan terhasilkan KA-Andal yang berisi mengenai dampak-dampak apa saja dari sebuah proyek tersebut.
4. Penyusunan KA-Andal
Proses selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan izin AMDAL adalah dengan melakukan tahapan penyusunan KA-Andal. Pemrakarsa kegiatan bisnis tersebut dapat menyerahkan dokumen kepada Komisi Penilai Amdal.
Adapun tujuan dari penyerahan dokumen tersebut kepada Komisi Penilai Amdal adalah untuk dilakukan penilaian.
Waktu yang Anda butuhkan untuk menilai dokumen mengenai dampak lingkungan dari kegiatan bisnis ini memerlukan kurang lebih 75 hari lho.
Waktu tersebut tergunakan oleh penyusun untuk memperbaiki kembali dokumen tersebut agar bisa benar dan lebih sempurna.
5. Penyusunan dan Penilaian Andal, RPL, dan RKL
Setelah tahapan penyusunan KA-Andal selesai Anda lakukan, tahapan selanjutnya adalah menyusun dan menilai Andal, RPL, dan RKL. Tahapan ini Anda lakukan mengacu terhadap KA-Andal yang telah Anda sepakati dari hasil penilaian Komisi Amdal sebelumnya.
Jika kami lihat dari peraturan lama, waktu yang Anda perlukan untuk menilai sekitar 75 hari di luar waktu yang Anda butuhkan untuk penyusun melakukan suatu perbaikan atau penyempurnaan kembali dokumen tersebut.
6. Proses Persetujuan Kelayakan Lingkungan
Tahapan selanjutnya yang Anda lakukan setelah menyusun dan menilai Andal, RPL, RKL adalah proses persetujuan kelayakan lingkungan hidup. Persetujuan ini hanya boleh AndaΒ peroleh dari Menteri, Gubernur, dan Bupati atau Wali Kota
Menteri bertugas untuk menyetujui dokumen yang ternilai oleh komisi penilai pusat. Sedangkan, Gubernur bertugas untuk menyetujui dokumen yang ternilai oleh komisi penilai provinsi.
Sedangkan, Bupati atau Wali kota bertugas untuk menyetujui dokumen yang ternilai oleh komisi penilai kabupaten/kota.
Urus Izin AMDAL dengan Mudah di Legalist
Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk mengurus AMDAL. Selain itu, butuh tenaga dan biaya yang tidak sedikit untuk mempersiapkan hal tersebut lho.
Solusi mudah untuk mengurus AMDAL adalah dengan mempercayakannya kepada Legalist.id.
Legalist.id adalah perusahaan yang akan membantu perusahaan untuk mendapatkan izin kegiatan dengan lebih praktis, perusahaan ini terdiri atas tim-tim profesional yang akan membantu Anda untuk mengurus izin perusahaan.
Nah, itulah beberapa cara mengurus izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang harus Anda ketahui. Tertarik untuk menggunakan jasa dari Legalist? Yuk, kunjungi https://legalist.id/ sekarang juga!