Dalam dunia bisnis telah dimulai dengan pengurusan perizinan usaha melalui pendaftaran secara resmi. Namun, perlu dipahami terkait kelebihan dan kekurangan PT perorangan yang akan dijalankan.

Kelebihan dan Kekurangan PT Perorangan 

PT perorangan menjadi jalan mudah untuk para pelaku UMKM yang ingin memulai usaha. Disamping itu terdapat kelebihan dan kekurangan yang perlu dipahami seperti berikut ini.

Kelebihan PT Perorangan 

Kelebihan memulai PT perorangan lebih banyak memberikan keuntungan bagi pemilik usaha. Adapun beberapa keuntungan ketika memiliki PT perorangan di antaranya:

1. Kekuasaan Penuh Berada di Pemilik Usaha 

Dalam menjalankan PT perorangan, kekuasaan sepenuhnya dipegang oleh pemilik usaha. Tugas sebagai pemilik usaha untuk melakukan pengelolaan manajemen perusahaannya. Seperti melaksanakan tugas harian perusahaan yang hanya ditangani oleh diri sendiri.

Begitupun juga memegang jabatan sebagai direktur dan manajer. Dengan demikian, peran utama di PT perorangan adalah pemilik usaha untuk mengatur serta mengambil kebijakan di semua aspek yang ada di perusahaan. 

2. Keuntungan Usaha Sepenuhnya Milik Pemilik Usaha 

Saat mendirikan usaha pasti terdapat kelebihan dan kekurangan PT perorangan yang akan didaftarkan secara resmi. Jika pemilik usaha masih awam dalam proses pendaftaran bisa menggunakan jasa Legalist Tangerang ini yang membuat prosesnya lebih mudah.

Layanan yang disediakan dapat membantu mengurus perizinan atas PT perorangan yang akan didirikan. Pada PT perorangan hanya didirikan oleh satu orang saja. 

Sehingga seluruh keuntungan dan kerugian yang didapatkan akan ditanggung sendiri oleh pemilik usaha. Begitupun ketika memperoleh keuntungan akan sepenuhnya menjadi milik pemilik usaha PT perorangan. 

3. Modal Lebih Kecil 

Perusahaan perorangan memang diperuntukkan bagi pelaku usaha UMKM yang modalnya masih kecil. Kategori UMKM yang bisa mendaftar dan mendirikan PT perorangan yakni UMKM yang mempunyai kekayaan bersih hingga 50 juta. 

Selain itu, juga mempunyai penghasilan penjualan tahunan maksimal 300 juta. Sementara itu, pajak PT perorangan tetap dikenakan sesuai dengan pendapatan bersih yang didapatkan.

4. Persyaratan yang Mudah 

Kelebihan dan kekurangan PT perorangan selalu dipertimbangkan saat ingin menjalankan bisnis tertentu. Salah satunya kelebihan dalam mendirikan PT perorangan yang memiliki persyaratan sangat mudah. 

Proses mendirikan PT perorangan terbilang sederhana dan bisa dilakukan oleh para pemilik usaha. Tentunya persyaratan untuk mendirikan PT memiliki perbedaan dengan persyaratan mendirikan CV. 

Ketika mendirikan PT perorangan, pemilik usaha tidak membutuhkan akta dari notaris. Bahkan, tidak membutuhkan proses pendaftaran di pengadilan ataupun pengesahan yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM. 

Kekurangan PT Perorangan

Selain memiliki kelebihan, PT perorangan juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum mendirikannya. Inilah sejumlah kekurangan PT perorangan yang perlu diperhatikan.

1. Risiko Kerugian di Tangan Pemilik Usaha 

Menjalankan perusahaan perorangan memang hanya dikendalikan oleh satu orang saja yaitu pemiliknya. Dengan begitu, semua kendala resiko atas kerugian yang dihadapi akan menjadi tanggung jawab secara penuh oleh pemilik usaha. 

Seperti ketika harus membayar hutang atas usaha hingga harta pribadi yang dimilikinya. Tetapi, mendaftarkan PT perorangan tetap mudah apabila dilakukan melalui jasa Legalist Tangerang.

2. Perizinan yang Longgar Dapat Menghambat Perkembangan Usaha 

Kewajiban PT perorangan yang membayarkan pajak sesuai dengan penghasilan bersih dari usaha yang dijalankan. Meskipun sebagai PT perorangan, namun tetap masuk dalam kategori usaha skala mikro. 

Sehingga dalam proses perizinan hanya membutuhkan surat izin UMK dan tidak perlu memiliki SIUP serta TDP. Akan tetapi, dengan tidak adanya SIUP yang dimiliki oleh PT perorangan ternyata mampu menghambat perkembangan usahanya. 

Terlebih ketika perusahaan ingin mengikuti tender diharuskan telah memenuhi persyaratan yakni berbadan hukum CV atau PT. Oleh karena itu, proses perizinan ini bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana melalui jasa terpercaya dari Legalist Tangerang.

3. Manajemen Administrasi Perusahaan Menjadi Lemah 

Contoh perusahaan perorangan yang saat ini berdiri di Indonesia sudah cukup banyak. PT perorangan memiliki banyak resiko dalam manajemen administrasinya. 

Pasalnya, ciri-ciri perusahaan perorangan hanya didirikan dan dikelola oleh satu orang saja. Sehingga berdampak pada sistem manajemen administrasi hingga pengelolaan perusahaan yang tidak optimal. 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan PT perorangan yang dapat dipertimbangkan sebelum mendirikan usaha. Apabila Anda ingin mendirikan PT perorangan bisa menggunakan layanan jasa Legalist Tangerang.