Surat kuasa pendirian PT adalah dokumen yang perlu dibuat oleh perusahaan jika ingin mengurus keuangan, perawatan, kesehatan, properti, dan sebagainya. Dokumen ini sangat penting sehingga tidak bisa dibuat asal-asalan.Β 

Ada format tertentu yang berlaku secara umum dan perlu diterapkan dalam pembuatan surat kuasa. Secara singkat, surat kuasa disebut sebagai dokumen persetujuan beberapa pihak yang memberikan wewenang kepada orang lain untuk melakukan sesuatu.

Sekilas Tentang Surat KuasaΒ 

Surat kuasa pembuatan PT adalah dokumen yang dibuat untuk mengurus berbagai permasalahan hukum atau bisa juga disebut dengan surat yang berisi tentang pemberian kuasa kepada seseorang untuk melakukan sesuatu yang penting.Β 

Pengertian lain mengenai surat kuasa adalah dokumen yang memberikan otoritas kepada orang lain agar melakukan tindakan hukum atas nama pemberi perintah. Alasan penulisan surat kuasa adalah karena pemberi perintah sedang berhalangan sehingga meminta orang lain.Β 

Pihak lain adalah orang yang dipercaya pemberi perintah misalnya pengacara, anggota keluarga, atau individu lain yang sekiranya mampu menjalankan amanah dengan baik. Dasar hukum pembuatan surat kuasa umum adalah pasal 1796 KUHPer dan surat kuasa khusus adalah 1795 KUHPer.

Fungsi Surat Kuasa Pendirian PTΒ 

Surat pendirian PT memiliki fungsi yang penting salah satunya adalah bukti bahwa pihak tersebut dapat menjalankan wewenang sesuai dengan perintah. Adapun fungsi surat kuasa lainnya sebagai berikut.Β 

1.Meningkatkan Efisiensi

Fungsi pertama surat kuasa adalah untuk meningkatkan efisiensi karena pemberi wewenang tetap bisa mengumpulkan informasi, melakukan aktivitas hukum, dan menandatangani dokumen walaupun tidak hadir langsung.Β 

2. Melindungi Kepentingan HukumΒ 

Adanya surat kuasa dapat melindungi kepentingan hukum pemberi wewenang dan orang yang dipercaya melakukan perintah tersebut agar bisa melakukan urusannya dengan lancar.

3. Memberikan Wewenang dengan Cepat dan MudahΒ 

Berikutnya adalah untuk memberikan wewenang kepada orang yang dipercaya dengan cepat dan mudah. Surat kuasa memiliki format tertentu yang harus dipenuhi sehingga dokumen tersebut dianggap sah di mata hukum.Β 

4. Terhindar dari Masalah HukumΒ 

Terakhir adalah bisa terhindar dari masalah hukum yang bisa muncul di kemudian hari apabila pemberi wewenang tidak bisa melakukan tindakan hukum sendiri.Β 

Ciri-ciri Surat KuasaΒ 

Sebelum Anda membuat surat kuasa pendirian PT, Anda perlu tahu apa saja ciri-ciri surat kuasa yang diakui secara hukum di Indonesia.Β 

  • Ditandatangani oleh pemberi wewenang atau kuasa langsung.
  • Ditulis dengan terperinci dan jelas agar mudah dipahami.Β 
  • Mencantumkan dengan jelas identitas dari pemberi dan penerima wewenang.Β 
  • Surat kuasa adalah dokumen yang bisa diterbitkan secara elektronik maupun fisik sesuai kebutuhan.Β 
  • Berlaku hingga tanggal yang telah ditentukan atau sesuai dengan kesepakatan antara pemberi dan penerima wewenang.Β 
  • Surat kuasa adalah dokumen yang bisa dibatalkan oleh pemberi wewenang kapan saja namun dengan dokumen tertulis.Β 

Persyaratan pembuatan surat kuasa pendirian PT di Indonesia sangat beragam tergantung dari wewenang, tugas, dan konteks penggunaannya. Sebelum membuat surat kuasa sebaiknya Anda mencari tahu regulasi yang berlaku saat itu agar surat yang ditulis diakui secara sah.

Peran Surat Kuasa dalam Pendirian Perseroan Terbatas

Surat kuasa juga bisa ditulis untuk kebutuhan pendirian Perseroan Terbatas yang memiliki peran tertentu. Peran tersebut adalah memberikan kuasa kepada pihak yang dipercaya untuk melakukan aktivitas hukum atas nama PT.Β 

Fungsi surat kuasa dalam pendirian PT adalah menjadi bukti bahwa pihak yang diberi kepercayaan memiliki otoritas penuh untuk melakukan aktivitas tersebut.Β 

Sebelum memberikan surat kuasa ke pihak orang lain, dokumen tersebut harus sudah ditanda tangani dulu.Β 

Jenis Surat KuasaΒ 

Terdapat dua jenis surat kuasa yang sah di mata hukum yaitu surat kuasa umum dan surat kuasa khusus yang memiliki format berbeda-beda. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai kedua surat kuasa tersebut.Β 

1.Surat Kuasa Umum

Surat kuasa umum adalah surat kuasa yang ditulis untuk menjalankan tugas yang berkaitan dengan kepentingan pemberi kuasa.Β 

2. Surat Kuasa Khusus

Surat kuasa khusus adalah dokumen yang ditulis untuk membatasi wewenang dan tugas kepada satu hal atau lebih. Pemberian surat kuasa khusus harus jelas dan rinci agar penerima bisa menjalankan tugasnya.Β 

Apabila Anda ingin mendirikan PT dengan bekerja sama pihak lain, bisa menyiapkan lebih dulu surat kuasa pendirian PT. Setelah membuat surat kuasa Anda bisa mempercayakan kepada tim Legalist mengenai proses pendirian PT.