BPJS Ketenagakerjaan merupakan fasilitas yang sangat bermanfaat untuk tenaga kerja di suatu perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus melaksanakan kewajibannya untuk mendaftarkan pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan ini lho.

Ada banyak hal yang harus diketahui untuk BPJS Ketenagakerjaan ini. Yuk, cari tahu manfaat, prosedur, dan syarat perusahaan daftar BPJS Ketenagakerjaan yang sudah disiapkan pada informasi di bawah ini. Simak informasinya, ya!

Manfaat, Prosedur, dan Syarat Perusahaan Daftar BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan berfungsi untuk memberikan perlindungan ekonomi dan sosial terhadap pekerja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui informasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan ini.

Apa saja hal yang harus Anda ketahui mengenai BPJS Ketenagakerjaan ini? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai salah satu jaminan yang melindungi ekonomi dan sosial dari para pekerja, tentu ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dari BPJS Ketenagakerjaan ini. Kira-kira, apa saja sih manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan ini?

  • BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan perlindungan untuk menanggulangi adanya potensi hilangnya sebagian atau semua pendapatan akibat risiko sosial, misalnya seperti kematian, atau cacat dikarenakan terjadi sebuah kecelakaan kerja
  • BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan jaminan hari tua yaitu untuk mendapatkan uang tunai jika memasuki masa pensiun, cacat total, meninggal dunia, dan lainnya.
  • BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan jaminan pensiun dengan mempertahankan kehidupan yang layak untuk pekerja saat sedang kehilangan atau berkurang penghasilannya karena memasuki masa pensiun atau mengalami cacat total
  • BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santunan kematian yang harus dibayarkan terhadap ahli waris dari pekerja yang sudah meninggal dunia
  • BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan jaminan kepada seluruh pekerja atau buruh yang sedang mengalami pemutusan hubungan kerja berupa uang tunai atau pelatihan kerja

2. Prosedur Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum mengurus BPJS Ketenagakerjaan, para pemberi kerja atau perusahaan harus tahu proses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan yang sesuai prosedur.

Bagaimana sih prosedur untuk daftar BPJS Ketenagakerjaan? Yuk, simak informasinya berikut ini.

  • Buka website BPJS Ketenagakerjaan di https://pom.bpjsketenagakerjaan.go.id/puv
  • Isilah data Pemberi Kerja atau Badan Usaha dengan lengkap dan benar
  • Setelah mengisi data Pemberi Kerja, langkah selanjutnya adalah mengisi data pekerja yang ingin didaftarkan di BPJS Ketenagakerjaan
  • Kemudian, lakukan pembayaran melalui kode iuran yang sudah dikirimkan melalui email
  • Lalu, kartu digital akan dikirimkan melalui email serta peserta bisa mengambilnya di kantor BPJS cabang terdekat

Langkah pendaftaran di atas bisa dilakukan dengan mudah dan praktis melalui online lho. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan proses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan di kantor BPJS.

Baru setelah kartu BPJS Ketenagakerjaan selesai, Anda bisa mengambilnya langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota Anda.

3. Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

Setelah mengetahui manfaat dan prosedur pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya Anda bisa mengetahui syarat apa saja yang Anda butuhkan.

Apa saja sih syarat yang orang butuhkan untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan? Simak informasinya di sini!

  • Formulir pendaftaraan untuk pemberi kerja/badan usaha
  • Formulir laporan rinci mengenai iuran pekerja
  • Formulir pendaftaran/perubahan bagi data pekerja di perusahaan tersebut
  • NPWP badan usaha atau pemberi kerja
  • Kartu Identitas dari pemilik perusahaan
  • Kartu Identitas dari tenaga kerja
  • Surat Izin Tempat Usaha, Surat Izin Usaha Perdagangan, atau Nomor Induk Berusaha.

Cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan syarat-syarat mudah di atas lho. Jadi, pastikan Anda tahu dan segera melengkapi syarat di atas agar bisa segera daftar ke BPJS Ketenagakerjaan, ya!

Urus Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Mudah di Legalist

Setiap perusahaan berkewajiban untuk melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan terhadap para pekerjanya. Namun, terkadang proses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan butuh proses dan waktu yang tidak sedikit lho.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan proses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dengan lebih praktis, maka Anda bisa menggunakan jasa dari Legalist.id.

Perusahaan ini akan memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin mendapat izin perusahaan dengan mudah.

Itulah informasi mengenai manfaat, prosedur, dan syarat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan. Yuk, urus segala izin perusahaan yang Anda butuhkan dengan mudah melalui Legalist. Tunggu apalagi, kunjungi https://legalist.id/ sekarang juga!