Saat sebuah PT berdiri, penentuan namanya harus disahkan. Namun di kemudian hari, proses ganti nama PT perorangan tetap bisa dilakukan. Proses ganti nama ini harus sesuai dengan tahapan dan prosedur yang ada.

Tidak banyak yang tahu mengenai bagaimana proses pergantian nama ini dilakukan. Oleh sebab itu, akan diinformasikan secara menyeluruh mengenai prosesnya dan kemungkinan kegagalan yang ada.

Prosedur Ganti Nama PT Perorangan

Bagian ini akan fokus pada pendaftaran perubahan perseroan perorangan mulai dari awal sampai akhir. Proses ini bukan hanya dijalankan dengan satu sistem, namun juga perlu bantuan jasa pergantian nama PT. Inilah rincian prosesnya:

1. Meminta Persetujuan di RUPS

Proses pertama yang harus dijalankan jika ingin ganti nama pada PT perorangan adalah meminta persetujuan di RUPS. Seperti yang dipahami bersama, PT adalah usaha badan hukum yang di dalamnya ada banyak pemegang saham.

Jadi bisa dikatakan pemilik PT bukan satu pihak saja, dan jika ada aspek yang ingin diganti juga harus sesuai persetujuan semua pihak. Agenda pergantian nama ini bisa dimasukkan dalam jadwal RUPS satu tahun sekali.

Kemudian pada agenda RUPS tersebut, harus dipaparkan alasan jelas dan konkret sehingga pergantian nama harus dilakukan. Ada banyak pihak yang harus diyakinkan, sehingga pemaparan ini tidak bisa sembarangan.

Tujuannya adalah pihak-pihak terkait bisa menyetujui pergantian nama yang ada. Apabila pihak yang menyetujui tidak sampai β…” dari keseluruhan peserta RUPS, maka pergantian namanya juga tidak bisa dijalankan.

2. Membuat Akta Notaris

Setelah persetujuan ganti nama PT perorangan sudah didapat dari RUPS, maka proses selanjutnya adalah membuat akta notaris. Jadi keputusan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja dan harus segera disahkan oleh notaris resmi.

Paling tidak proses pembuatan akta notaris ini 30 hari sejak RUPS. Jika melebihi jangka waktu tersebut, maka prosesnya harus dijalankan mulai awal dan ini akan memakan waktu lebih banyak.

Perhatikan juga notaris yang akan dimintai bantuan. Pastikan notarisnya sudah resmi dan legal sehingga dokumen yang dikeluarkan juga sah di mata hukum. Jika tidak, maka semua proses akan ikut terdampak pada kegagalan.

3. Pergantian Nama di Sistem AHU

Langkah lanjutan yang wajib dijalankan adalah mengganti nama di sistem AHU. Jadi cara perubahan nama PT di AHU ini sudah menjadi standar yang wajib dilakukan. Prosesnya online namun ada banyak aspek yang harus diisi.

Banyak yang kebingungan pada tahap ini hingga kesalahan tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, segera manfaatkan jasa bantuan seperti Legalist.id sehingga prosesnya lebih terstruktur dan minim kesalahan.

4. Tunggu Penerbitan SK

Saat semua proses sudah selesai, bukan berarti pergantian namanya bisa langsung sah. Perlu persetujuan Kemenkumham secara sah untuk SK yang akan dikeluarkan. Waktu persetujuan ini juga tidak instan.

Jadi cara daftar PT perorangan online ini masih menunggu sampai SK keluar. Setelah SK keluar dan bisa didapat, maka pergantian nama sudah benar-benar sah dan bisa dijadikan standar nama lanjutan.

Apakah Proses Ganti Nama PT Bisa Gagal?

Seperti yang sudah terlihat dalam penjelasan di atas, proses ganti nama PT perorangan memang sangat panjang dan membutuhkan waktu lama. Lalu apakah rincian proses cek nama PT perorangan hingga perubahannya pasti berhasil?

Jika ada yang bertanya demikian, maka jawabannya adalah belum tentu. Proses di atas tidak menjamin hasilnya langsung selesai dan sah. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan prosesnya gagal.

Salah satu faktor utamanya adalah jika tidak mengikuti ketentuan hukum bahkan untuk aspek terkecilnya. Apalagi jika tidak bisa memberikan alasan pergantian nama secara konkret dan jelas di mata hukum.

Oleh sebab itu, sangat disarankan memakai bantuan ahi seperti Legalist.id untuk melakukan konsultasi dan proses pergantiannya. Pemanfaatan jasa bantuan ini bisa memberikan solusi bahkan sebelum permasalahannya benar-benar terjadi.

Tahapan ganti nama PT perorangan memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak rincian proses yang harus berjalan. Jadi jika tidak bisa melakukan perubahan PT perorangan sendiri, bisa memakai bantuan ahlinya.