Mendirikan perseroan terbatas memang cukup ribet karena banyak persyaratan yang perlu dipersiapkan. Setelah itu pun, Anda perlu belajar lebih dalam lagi. Salah satunya yaitu mengerti hak dan kewajiban perseroan terbatas.

Hak dan kewajiban tersebut perlu diketahui oleh pendiri PT beserta jajaran-jajarannya. Tujuannya agar dapat menjalankan operasional perusahaan dengan baik. Selain itu, arah dan tujuan dari perusahaan menjadi lebih jelas.

Mengetahui hak dan kewajiban PT tidaklah sulit karena sudah ada undang-undang perseroan terbatas yang bisa dibaca. Di dalam undan-undang tersebut sudah ada peraturan tentang PT yang bisa disimak.

Pengertian Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan usaha yang yang diakui oleh pemerintah dengan skala besar dan terdiri dari beberapa saham. Mendirikan badan usaha ini membutuhkan biaya yang besar karena tarafnya paling tinggi.

Siapapun boleh menanamkan modalnya pada perusahaan yang diinginkan. Nantinya, pemilik saham berhak atas keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan. Besarnya keuntungan bergantung pada saham yang ditanamkannya.

Peraturan yang mengatur perseroan terbatas adalah Undang-undang nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Di dalam undang-undang tersebut, dijelaskan bahwa PT merupakan badan usaha yang dilindungi oleh pemerintah.

Keberadaannya dijamin oleh pemerintah dan dianggap sebagai perusahaan yang legal. Contoh dari PT yang ada di Indonesia adalah PT Pertamina, PT Garuda Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, PT Telkom, dan lainnya.

Hadirnya perusahaan-perusahaan tersebut sebagai bukti bahwa Indonesia merupakan negara yang banyak memiliki PT besar. Contoh dari PT yang telah dijelaskan tadi bisa dijadikan sebagai salah satu bukti nyatanya.Β 

Ciri-ciri Perseroan Terbatas

Sebelum mengetahui hak dan kewajiban perseroan terbatas, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari PT. Ada banyak sekali ciri-ciri PT yang perlu Anda ketahui untuk membedakannya dengan badan usaha lain. Berikut beberapa cirinya:

1. Perusahaan Bonafit

Ciri pertama yang bisa Anda kenali adalah PT merupakan perusahaan yang bonafit. Perseroan terbatas didirikan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Keuntungan tersebut akan dibagikan kepada para pemegang saham dan orang penting di dalamnya.

Semakin banyak keuntungan yang didapatkan, maka orang yang ada di dalam perusahaan semakin makmur. Bahkan, orang yang ada di sekitar perusahaan pun bisa merasakannya melalui dana CSR yang dikeluarkan.

Dewasa ini, ada banyak sekali badan usaha yang didirikan untuk mencari keuntungan. Hal tersebut memang wajar saja terjadi karena setiap usaha pasti ingin untung. Nantinya keuntungan tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Pendiriannya Diatur Undang-undang

Keberadaan PT di Indonesia sudah diatur secara resmi oleh undang-undang. Perusahaan ini termasuk ke dalam badan usaha yang besar sehingga pendiriannya sudah diatur secara detail oleh pemerintah. Termasuk untuk hak dan kewajiban perseroan terbatas.

Adanya peraturan ini menandakan bahwa PT termasuk ke dalam badan usaha yang dilindungi oleh pemerintah. Apabila suatu saat terjadi kasus penyalahgunaan legalitas, maka pemerintah mampu membantu mengatasi masalah tersebut.Β 

3. Modalnya Dari Saham

Modal perusahaan seringkali susah untuk didapatkan. Hal tersebut dikarenakan perusahaan belum banyak dipercaya. Untuk itu, penting sekali membangun citra baik perusahaan agar mudah mendapat modal.

Perseroan Terbatas (PT) termasuk ke dalam badan usaha yang modalnya berasal dari saham yang ditanamkan oleh investor. Semakin banyak menanam sahamnya, maka operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Setiap saham yang ditanamkan akan berbuah baik jika perusahaan mendapatkan banyak keuntungan. Para pemegang saham tersebut pun akan ikut untung jika perusahaan berhasil meningkatkan performanya.

Menariknya, setiap pemegang saham memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda. Hal tersebut berdasarkan pada banyaknya saham yang ditanamkan. Semakin banyak sahamnya, maka tanggung jawabnya semakin besar.

4. Mudah Dalam Memperluas Usaha

PT termasuk ke dalam badan usaha yang mudah untuk mengembangkan usaha. Sebab, PT mampu memperoleh modal tambahan dengan mudah. Ada banyak investor yang siap menanamkan modalnya di perusahaan Anda.

Untuk bisa mendapatkan modal usaha tersebut, Anda perlu berusaha lebih keras dalam membangun perusahaan. Usahakan kondisi keuangan perusahaan selalu stabil setiap tahunnya. Alangkah lebih jika perusahaan mengalami peningkatan setiap tahun.

Dengan begitu, para investor akan lebih percaya dengan perusahaan Anda dan tidak segan menanamkan modalnya. Apabila sudah memiliki hubungan kerjasama yang baik. silahkan jaga hubungan tersebut hingga akhir.

Hak Dan Kewajiban Perseroan Terbatas

Setiap perseroan terbatas memiliki hak dan kewajiban yang perlu dijalankannya. Para pemula masih sering salah paham terkait hak dan kewajiban tersebut sehingga perlu mencari tahunya. Berikut beberapa hak dan kewajiban yang perlu disimak:

1. Mendapatkan Perlindungan

Hak utama PT adalah mendapat perlindungan dari pemerintah. Apabila PT yang didirikan sudah resmi, maka pemerintah wajib melindungi PT dari berbagai ancaman.

Untuk bisa dianggap legal, maka PT wajib mendaftarkan secara resmi perusahaannya. Ada banyak proses yang perlu ditempuh untuk memperoleh legalitas tersebut. Anda membutuhkan bantuan dari pihak penyedia jasa legalitas agar pengurusannya lebih mudah.

2. Bekerjasama Dengan Investor

Sebagian besar saham dari PT didapatkan dari para investor yang menanamkan sahamnya. Operasional perusahaan pun akan berjalan lancar jika banyak investor yang berdatangan.

Untuk itu, pendiri perusahaan harus bisa menarik para investor agar mau menanamkan sahamnya secara sukarela. Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang melimpah.Β 

3. Membayar Pajak

Setelah mengetahui 2 hak dari PT tersebut, Anda perlu tahu apa kewajiban yang harus dilakukan oleh PT. Antara hak dan kewajiban perseroan terbatas haruslah seimbang agar tidak terjadi ketimpangan.

Kewajiban utama dari pendiri PT adalah membayar pajak. Setiap hal yang ada di Indonesia sudah diatur biaya perpajakannya, termasuk pendirian PT. Bahkan, setiap PT wajib memiliki NPWP badan usaha agar mudah membayar pajaknya.

Pembayaran pajak perusahaan dilakukan 1 tahun sekali. Apabila sudah memiliki NPWP, maka perusahaan akan lebih diuntungkan dalam pembayaran pajak. Jadi, jangan lupa untuk mengurusnya.

4. Membuat Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM)

Semua pelaku usaha wajib membuat LKPM selama usahanya masih berdiri. Laporan ini berisi kemajuan realisasi perusahaan serta hambatan yang dialaminya. Nantinya, LKPM harus dilaporkan secara rutin kepada pemerintah.

Aspek yang harus tercantum di dalam laporan tersebut adalah realisasi produksi, realisasi penanaman modal, realisasi tenaga kerja, dan lainnya. Aspek tersebut tidak boleh dihilangkan agar laporan tidak ditolak.

5. Membuat Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan

Membuat KTP merupakan hak dan kewajiban perseroan terbatas yang harus dilakukan setiap tahunnya. Laporan tersebut harus diaudit oleh lembaga tinggi negara atau akuntan publik.Β 

Data yang perlu disampaikan di dalam LKTP adalah laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca perusahaan, dan laporan perubahan editor. Laporan keuangan ini juga diperlukan oleh investor untuk mempertimbangkan keputusannya.Β 

Perusahaan yang tidak mengirimkan LKTP setiap tahunnya, maka akan mendapatkan sanksi dari pemerintah. Sanksi yang diberikan bisa jadi ringan atau berat. Bergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukannya.Β 

6. Melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Setiap PT memiliki pemegang saham yang mempunyai tanggungjawab atau kewajiban untuk mengikuti RUPS. Acara ini diadakan secara rutin untuk oleh perusahaan guna melakukan koordinasi secara langsung.

Dengan adanya rapat ini, para pemegang saham berhak untuk menyampaikan usulannya demi kemajuan perusahaan. Setiap pemilik perusahaan wajib memfasilitasi acara ini dengan baik agar dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan.

Rekomendasi Perizinan PT Terbaik

Informasi terkait hak dan kewajiban perseroan terbatas tersebut sangat bermanfaat bagi pendiri PT nantinya. Apabila Anda berencana untuk mendirikan PT namun masih bingung dalam mengurus legalitasnya, maka perlu bantuan jasa legalitas resmi.

Dewasa ini tersedia banyak jasa legalitas yang bisa Anda manfaatkan. Salah satu yang paling recommended adalah legalis.id. Jasa tersebut sudah terpercaya dalam menangani perizinan usaha.

Anda dapat mengetahui lebih jauh mengenai jasanya melalui website Legalist. Terdapat paket khusus yang bisa Anda pilih agar harganya lebih murah. Selain itu, Anda bisa melakukan konsultasi gratis dengan ahlinya melalui kontak yang tertera.

Penutup

Itulah informasi penting mengenai hak dan kewajiban perseroan terbatas yang penting untuk disimak. Anda menjadi lebih paham terkait apa yang harus dilakukan PT jika sudah berdiri. Sekarang, Anda bisa mulai mendirikan PT secara resmi.