Sebelum mendirikan PT, harus paham dulu timeline pendirian PT dari awal sampai akhir. Jadi bukan hanya cara dan syarat pendirian PT 2024 yang harus dipahami, namun rincian prosesnya dari awal sampai akhir.

Jika ingin tahu apa saja timeline yang harus dipahami, maka pada artikel ini akan dijelaskan seluruh strukturnya sampai akhir. Jika ada yang meminta sebutkan 5 langkah dalam pendirian perusahaan, maka artikel ini akan membahas lebih dengan 6 timeline.

Timeline Pendirian PTΒ 

Seperti yang sudah disebutkan, ada 6 timeline utama dalam proses pembuatan PT dari awal sampai akhir. Untuk itu, semua proses sampai berapa lama proses pendirian PT akan dibahas dalam bagian ini:

1. Menyusun Akta Pendirian

Timeline pendirian PT pertama yang harus dijalankan adalah menyusun akta pendirian. Fungsi akta pendirian ini sangat banyak, salah satunya adalah untuk mengurus perizinan. Oleh sebab itu pengurusannya penting.

Untuk mengurusnya, konsultasikan dulu dengan notaris. Atau jika ingin lebih mudah, langsung hubungi jasa pendirian PT seperti Legalist.id yang terpercaya. Nantinya proses pengurusan akta bisa dilakukan sesuai ketentuan.

Jika akta sudah disusun sesuai aturan dan kesepakatan bersama, maka pendirinya harus menandatangani akta tersebut dan disahkan notaris. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ini tergantung proses, namun umumnya hanya beberapa hari kerja saja.

Jika ada yang ingin tahu contoh akta pendirian PT perorangan atau badan, sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah di internet. Isi akta ini ada nama, jenis usaha, modal, dan informasi penting lainnya.Β 

2. Membuat SKD

Kemudian untuk timeline pendirian PT kedua yang tidak kalah penting adalah membuat SKD atau Surat Keterangan Domisili. Proses pembuatan SKD ini berbeda dengan akta atau sertifikat pendirian PT yang sudah diurus sebelumnya.

Proses pengurusan SKD bisa dilakukan melalui kantor kelurahan tempat usaha yang dijadikan acuan. Nantinya proses pengurusannya bisa dimulai dengan pengisian formulir dan tinggal mengikuti arahan petugas.

Untuk waktu penyelesaiannya sendiri tergantung masing-masing tempat. Ada kelurahan yang bisa mengurus SKD di hari yang sama, ada juga yang membutuhkan waktu beberapa hari tergantung pengecekan dan petugas yang mengurus.

3. Mengurus NPWP

Selanjutnya akan dibahas timeline pendirian PT pada poin ketiga yang fokus pada proses pengurusan NPWP. Perlu dipahami bahwa semua PT wajib membuat NPWP untuk proses pelaporan pajak, sehingga tahap ini sangat penting.

Berbeda dengan pendirian PT dengan OSS, pengurusan NPWP harus melalui akun DJP online atau langsung ke kantor pajak wilayah bersangkutan. Prosesnya termasuk rumit dengan banyak syarat pengurusan.

Bagi pemilik PT yang masih baru, proses ini akan terasa membingungkan. Jadi jika ingin lebih mudah, bisa memanfaatkan layanan jasa pengurusan perusahaan sesuai timeline pendirian PT yang terstruktur sampai NPWP dimiliki.

4. Pengesahan Kemenkumham

Timeline pendirian PT selanjutnya adalah pengesahan Kemenkumham. Jika ada yang bertanya kapan sebuah PT dinyatakan sah dan berdiri? Maka jawabannya adalah saat sudah ada pengesahan dari Kemenkumham.

Proses ini sebenarnya bisa diselesaikan secara online dengan sistem AHU. Namun karena ada banyak detail yang harus diselesaikan, maka tidak disarankan untuk mengurusnya sendiri karena bisa muncul banyak kesalahan.

Jika mengurus sendiri dan langsung berhasil, maka pengesahannya bisa satu hari kerja. Namun jika masih awam dan ada banyak kesalahan, maka pengurusan sendiri jauh lebih lama dan menguras banyak waktu.

5. Mengurus SIUP

Lanjutan timeline pendirian PT yang penting untuk diselesaikan adalah pengurusan SIUP. Surat Izin Usaha Perdagangan bisa diurus jika PT yang didirikan memang ada dalam bidang perdagangan dan sejenisnya.

Tanpa adanya SIUP, maka suatu usaha dalam perusahaan tidak akan bisa berjalan.Oleh sebab itu, pengurusan SIUP juga penting setelah pendirian PT Kemenkumham diselesaikan sampai pengesahan.

Untuk waktunya sendiri sekitar 14 hari kerja. Namun ada banyak variabel yang membuat proses pengurusannya lebih cepat dan lebih lambat. Asal semua syaratnya lengkap, maka proses pengurusannya akan cepat selesai.

6. Mengurus TDP

Lalu untuk timeline pendirian PT terakhir adalah mengurus TDP atau Tanda Daftar Perusahaan. Proses pengurusan TDP buat PT ini tidak terlalu lama, yaitu sekitar 3 hari kerja sama namun juga disesuaikan dengan kelengkapan syaratnya.

Penutup

Rincian timeline pendirian PT yang sudah dibahas tersebut tidak boleh dilewatkan begitu saja. Semua bagiannya penting. Mulai dari syarat, modal pendirian PT, sampai timeline-nya harus dipelajari sebelum melakukan pendaftaran.