Akta pendirian kantor cabang Perseroan Terbatas dibutuhkan ketika pelaku bisnis membuka kantor cabangnya. Pendirian kantor cabang ini memiliki salah satu tujuan, yakni untuk bisa lebih memperluas jangkauan usaha yang sedang dijalankannya.ย 

Kini, banyak perusahaan-perusahaan besar yang sudah mendirikan kantor cabangnya di berbagai daerah dengan tujuan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan karena jangkauannya yang lebih luas. Bagi Anda yang memiliki rencana serupa, berikut penjelasan seputar akta pendirian kantor cabang PT.

Apa Itu Akta Pendirian Kantor Cabang?

Akta pendirian kantor cabang merupakan dokumenย  hukum yang dipakai untuk mendirikan sebuah kantor cabang di wilayah yang berbeda. Membuat akta pendirian ini bertujuan untuk memberikan keabsahan hukum serta legalitas terhadap suatu kegiatan operasional dari perusahaan cabang yang didirikan.

Di dalam dokumen akta pendirian ini, nantinya akan berisi penjelasan terkait identitas perusahaan cabang, alamat, struktur organisasi, tujuan pendirian, hingga hak dan kewajiban yang dimiliki serta dijalankan oleh kantor cabang tersebut.ย 

Adanya akta pendirian kantor cabang PT ini nantinya dapat digunakan untuk pengamanan kegiatan bisnis yang sedang dijalankan. Jadi, nantinya bisnis Anda akan beroperasi secara resmi di wilayah yang ditentukan.

Sehingga, adanya akta ini menjadi dasar kuat serta keberadaannya penting dibutuhkan ketika mendirikan kantor cabang suatu perusahaan.

Persyaratan Membuat Akta Pendirian Kantor Cabang

Bagi Anda yang berencana untuk membuat akta pendirian kantor cabang PT, maka terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan berkaitan dengan hukum. Adapun persyaratan yang harus Anda penuhi untuk membuat akta pendirian ini antara lain:

1. Memiliki Izin dari Otoritas Berwenang

Ketika akta pendirian kantor cabang Perseroan Terbatas, maka Anda harus memegang izin yang didapatkan dari otoritas berwenang. Adapun otoritas yang dimaksudkan bisa seperti KemenkumHAM atau BKPM.

Adanya izin ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa semua kegiatan bisnis yang dilakukan sudah sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.ย 

Selain itu, perusahaan-perusahaanย  juga harus menyiapkan beberapa dokumen lainnya, seperti salinan AD, salinan akta pendirian PT utama, serta salinan izin usaha pada PT pertama. Nantinya dokumen-dokumen tersebut akan dipakai untuk melakukan verifikasi terkait keabsahan perusahaan di kantor cabang.ย 

2. Memenuhi Persyaratan Administratif

Selain mempunyai izin dari pihak berwenang, dalam pembuatan akta pendirian ini juga harus membutuhkan kelengkapan persyaratan administrasi. Persyaratan yang dimaksudkan, seperti membuat laporan pajak dan laporan keuangan secara rutin.

Adanya persyaratan ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa suatu perusahaan akan bisa tetap mematuhi peraturan hukum yang berlaku di negara Indonesia.ย 

Sehingga dengan memenuhi kelengkapan administratif yang dibutuhkan, maka perusahaan bisa membuat akta pendirian kantor cabang Perseroan Terbatas yang sah di mata hukum. Jadi setelah memegang atau memiliki aktanya, kantor cabang perseroan terbatas sudah bisa memulai kegiatan operasionalnya secara resmi.

Ketentuan Pembukaan Kantor Cabang

Sebelum memulai untuk membuka kantor cabang untuk PT Anda, sebaiknya ketahui lebih dulu terkait ketentuannya dalam pendirian kantor cabang ini. Ketentuan ini umumnya tertuang dalam Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 13 tahun 2017.

Ketentuan tersebut membahas terkait Pedoman dan Tata Cara Perizinan dan Fasilitas Penanaman Modal. Adapun ketentuan ini berisikan tentang:

  • Perusahaan PMDN/PMA bisa membuka kantor cabang di seluruh wilayah NKRI yang masih termasuk unit/bagian dari perusahaan utamanya. Keberadaan kantor cabang bisa berlokasi di alamat yang berbeda dengan perusahaan utama dan bisa berdiri sendiri.ย 
  • Perusahaan PMDN/PMA yang mengantongi izin dari pemerintah pusat dan akan mendirikan kantor cabang, maka melaporkan rencana pembukaannya pada PTSP pusat di Badan Koordinasi Penanaman Modal.
  • Perusahaan PMDN/PMA yang mengantongi izin berupa kewenangan pemerintah daerah dan akan mendirikan kantor cabang PT, maka melaporkan rencana pembukaannya pada DPMPTSP Provinsi.ย 

Jika Anda berencana untuk membuat akta pendirian kantor cabang untuk PT, kini Anda akan dimudahkan pengurusannya oleh LEGALIST. LEGALIST secara konsisten membantu masyarakat dalam pengurusan perizinan dan melayani jasa pembuatan PT dengan cepat dan harga terjangkau.

Bagi Anda yang membutuhkan berbagai layanan kami, termasuk membantu pengurusan akta pendirian kantor cabang Perseroan Terbatas, maka bisa langsung mengunjungi layanan web kami di Legalist.