SKDP perusahaan sangat dibutuhkan bagi Anda yang memiliki bisnis apapun karena ini menjadi salah satu syarat utama jika ingin mendirikan usaha. Jadi, Anda perlu mengurus surat ini terlebih dahulu saat akan membuka gedung perusahaan. 

Contoh surat keterangan domisili perusahaan PDF sebenarnya sama saja dengan saat Anda mengurus Kartu Tanda Penduduk atau KTP. KTP digunakan sebagai tanda pengenal bagi setiap individu, sedangkan SKDP digunakan sebagai tanda pengenal perusahaan. 

Pengertian SKDP

SKDP dijadikan sebagai tanda pengenal bagi perusahaan yang akan membangun perusahaan bisnis di suatu daerah. Penting untuk mengurus SKDP ini karena bisa dijadikan sebagai alat bukti atau surat izin untuk menjalankan aktivitas perdagangan di tempat tersebut. 

Sesuai dengan namanya, SKDP adalah singkatan dari Surat Keterangan Domisili Perusahaan yang sangat penting dan harus diurus oleh pemilik bisnis. Surat tersebut bisa dijadikan sebagai tanda bukti yang sah secara hukum ketika membuka bisnis di suatu daerah. 

Ada beberapa jenis perusahaan yang harus memiliki surat keterangan domisili ini di antaranya adalah Usaha Perseorangan, Firma Hukum, Koperasi, CV, dan PT. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah perusahaan besar dan legal sehingga harus memiliki tanda bukti. 

Lantas siapa yang mengeluarkan surat keterangan domisili tersebut? Adapun yang mengeluarkan SKDP perusahaan adalah Kantor Kelurahan masing-masing. Setelah itu, nantinya surat harus mendapatkan tanda tangan dari lurah dan pejabat di kantor kecamatan. 

Namun, kalau bisnis Anda dibangun di daerah pedesaan, maka yang menandatangani contoh SKDP perusahaan tersebut adalah Kepala Camat dan Kepala Desa. Jadi, selama perusahaan tersebut memiliki tujuan dan profit sendiri, harus segera mengurus SKDP ini. 

Profit tersebut biasanya yang menghasilkan bagi negara dan jika ingin mendapatkan SKDP, maka bisnis tersebut harus berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Fakta SKDP

Sebelum mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan, Anda perlu mengetahui beberapa fakta menariknya di bawah ini. 

1.Bisa Mendapatkan SKDP Setelah Akta Perusahaan Keluar

Syarat pertama saat akan mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan adalah Anda harus memiliki Akta perusahaan terlebih dahulu. Dalam pengurusan ini, tidak hanya membutuhkan Akta perusahaan tetapi juga pengesahan agar bisa mengurus dokumen tersebut. 

2. Dibuat untuk Zonasi Perusahaan

Adapun tujuan dari pembuatan SKDP adalah untuk zonasi perusahaan yang menjalankan bisnis di suatu daerah. Hal ini sesuai dengan aturan dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014, jadi jika perusahaan Anda berada di wilayah DKI Jakarta, tidak bisa mengurus SKDP.

Hal ini karena alamat yang Anda cantumkan adalah alamat rumah atau tidak berada di wilayah zonasi tersebut. Sedangkan untuk usaha kecil mikro bisa mengurus SKDP apabila perusahaan tersebut bukan termasuk perusahaan cabang atau anak perusahaan. 

Jadi, walaupun Anda mendirikan usaha kecil, agar bisa mendapatkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan online, maka harus perusahaan milik pribadi atau badan usaha. 

3. Alamat Domisili Resmi 

Fakta terakhir adalah pebisnis yang sudah mendapatkan SKDP perusahaan berarti sudah diakui kedudukannya oleh pemerintah. Surat ini adalah salah satu persyaratan yang bisa Anda gunakan untuk mengurus dokumen legalitas lainnya. 

Dasar Hukum Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Pebisnis pemula biasanya masih tidak tahu apa dasar hukum yang menjadikan Surat Keterangan Domisili Perusahaan Jakarta adalah keharusan. Di bawah ini ada beberapa dasar hukum yang penting diketahui.

1.Keputusan Gubernur DKI Nomor 506 pada Tahun 1989.

  1. Pasal 5 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 3 pada Tahun 1982
  2. Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007. 

Tujuan Surat Keterangan Domisili Perusahan

Bukan tanpa alasan mengapa penting untuk membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan bagi perusahan yang mendirikan bisnis di suatu tempat. Berikut beberapa tujuan dari dibuatnya SKDP. 

1.Sebagai bukti mengenai kredibilitas perusahaan saat akan menjalin hubungan kerja sama dengan lembaga atau pebisnis lainnya. 

  1. Dijadikan sebagai dokumen penting untuk memudahkan proses administrasi perusahaan apapun yang berkaitan dengan lembaga pemerintahan.
  2. Sebagai persyaratan mengenai perizinan domisili resmi secara hukum.
  3. Untuk memudahkan proses verifikasi identitas perusahaan tersebut. 

Penutup

Cara mengurus SKDP perusahaan sekarang jadi lebih mudah karena Anda bisa bekerja sama dengan Legalist. Pihak Legalist yang akan membantu mengurus dokumen ini agar Anda mendapatkan surat resmi. Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi situs resminya di https://legalist.id/