Virtual office Jakarta Pusat semakin banyak bermunculan. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh fenomena dunia kerja yang semakin beragam. Saat ini banyak perusahaan yang tidak lagi mengharuskan karyawan hadir di tempat kerja.

Apa Itu Virtual Office?

Virtual office merupakan sebuah perusahaan dengan sistem kerja virtual. Karyawan dan atasan saling bekerja tanpa tatap muka secara virtual. Startup dan digital agency menjadi contoh virtual office yang saat ini banyak ditemukan di kota besar.

Tidak heran jika saat ini Anda bisa menemui banyak virtual office Jakarta Pusat. Meskipun virtual, namun perusahaan tersebut tetap memiliki alamat dari โ€œkantor resmiโ€.

Akan tetapi, biasanya kantor resmi tersebut kosong dan tidak tersekat-sekat seperti kantor konvensional.

Kantor resmi dari virtual office biasanya hanya tersedia resepsionis yang bertugas serta ruangan berisi meja dan kursi yang digunakan untuk rapat.

Apa keunggulan dari virtual office ini?

Keunggulan Virtual Office

Berikut beberapa manfaat virtual office yang dapat dirasakan karyawan dan atasan:

1. Menghemat Biaya Operasional

Dengan adanya sistem kantor virtual, perusahaan dapat menghemat berbagai biaya operasional, seperti listrik, pemeliharaan furniture, pergantian dekorasi kantor, dan lain sebagainya.

Anggaran tersebut dapat dialihkan untuk pembangunan bisnis dan peningkatan kesejahteraan karyawan.

2. Membuat Karyawan Lebih Produktif

Kantor virtual dinilai dapat membuat kinerja karyawan lebih produktif. Hal tersebut dikarenakan karyawan dapat bekerja dari rumah ataupun remote working.

Para karyawan tidak perlu lagi menghabiskan waktu di jalan untuk sampai ke kantor. Dengan demikian waktu yang dimiliki karyawan bisa lebih efektif untuk bekerja dan dapat semakin produktif.

3. Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

Tingkat kepuasan kerja karyawan dapat meningkat dengan adanya kantor virtual. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak perlu melewati perjalanan yang melelahkan menuju kantor, terlebih jika perjalanan macet.

Tidak heran jika virtual office Jakarta Pusat semakin menjadi pilihan.

4. Membangung Image Perusahaan

Tidak hanya operasional yang perlu ditingkatkan perusahaan, namun juga aspek image perusahaan harus diperhatikan.

Faktor tersebut akan berpengaruh pada penilaian masyarakat sebagai konsumen serta keterkaitan calon kandidat untuk bergabung di perusahaan.

Adanya kantor virtual dapat membantu membangun image perusahaan yang cukup baik dan terdepan dalam pengembangan teknologi. Efek efeknya akan membuat konsumen tertarik untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut.

Cara Kerja Virtual Office

Pada dasarnya cara kerja virtual office sama dengan perusahaan lain. Hanya saja, para karyawan tidak berada di lingkungan kantor saat bekerja. Perusahaan tetap memiliki alamat resmi serta terdaftar di pemerintah.

Apabila ingin melakukan rapat secara tatap muka langsung, perusahaan bisa memanfaatkan ruangan yang tersedia di kantor resmi.

Biasanya tatap muka langsung ini dilakukan untuk membahas sesuatu yang sangat penting dan harus dilakukan tatap muka secara langsung.

Selain itu, proses pendirian virtual office ini juga harus sesuai peraturan. Anda bisa menggunakan jasa pendiri izin perusahaan yang telah perpengalaman, seperti legalist.id untuk membantu perizinan pendirian kantor virtual ini.

Tidak hanya izin mendirikan kantor, legalist.id juga menyediakan jasa lainnya untuk keperluan pendirian perusahaan hinggajasa social media management. Jasa pendirian izin perusahaan ini bisa secara online. Buka laman legalist.id untuk informasi lebih lengkap.

Cara Mengelola Karyawan dalam Virtual Office

Bagaimana cara mengelola karyawan dalam virtual office? Sebenarnya caranya tidak terlalu sulit. Bagi pengelola kantor virtual, pastinya Anda harus mengetahui kiat agar kantor ini dapat berjalan dengan baik meskipun kerjanya secara virtual.

Berikut kiat mengelola karyawan di virtual office:

1. Bangun Sistem yang Memadai

Agar dapat mendukung sistem penelolaan karyawan, perusahaan bisa menggunakan software HRD.

Software tersebut membantu implementasi sistem pengelolaan karyawan dengan cepat dan aman. Dengan demikian proses pengelolaan bisa berjalan lancar.

2. Jadwal yang Teratur

Perusahaan wajib memiliki jadwal yang jelas. Meskipun bekerja dari rumah masing-masing, bukan berarti dapat bekerja semena-mena. Jam operasional kerja tetap berlaku sesuai ketentuan pemerintah.

3. Jaga Komunikasi

Kelancara suatu bisnis tidak terlepas dari komunikasi yang terjaga dengan baik. Meskipun tidak bertemu secara langsung, komunikasi perlu dijaga. Jika mengalami kendala dalam pekerjaan, segera beri tahu perusahaan.

4. Tetapkan dan Sosialisasikan Aturan dengan Jelas

Meskipun bekerja dari jauh, perusahaan tetap harus memiliki peraturan dan regulasi yang jelas. Langkah ini merupakan tindakan preventif agar tidak ada oknum tidak bertanggung jawab yang bekerja tidak sesuai perencanaan perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus menetapkan peratusan dan mensosialisasikannya kepada seluruh karyawan. Tidak hanya itu, perusahaan berhak memberikan sanksi bagi karyawan yang melanggar.

Dengan perkembangan koneksi internet yang semakin baik, virtual office Jakarta Pusat ataupun di kota lainnya semakin memungkinkan untuk lebih berkembang.

Selain memudahkan karyawan, adanya kantor virtual sangat membantu dalam menghemat dana operasional.