Sekarang, masih ada yang belum tahu kalau daftar hak kekayaan intelektual (HAKI) itu penting. Hak cipta, hak paten, dan hak merek termasuk dalam hak kekayaan intelektual. Anda bisa daftar merek HAKI dengan akses sistem Kemenkumham.Β 

Merek akan peroleh kepastian hukum kalau sudah terdaftar di sistem Kemenkumham. Hal ini bisa cegah orang lain salahgunakan merek Anda. Yuk simak beberapa manfaat dan tips daftar merek HAKI berikut.

Pengertian Merek

Merek bisa didefinisikan sebagai gambar dan kata-kata yang punya peran sebagai pembeda sebuah produk dengan produk yang lain.Β 

Merek jadi identitas atau ciri khas sebuah produk. Daftar hak merek dilakukan dalam beberapa tahap. Tahapannya termasuk pemeriksaan merek dan pengumuman.

Manfaat Daftar Merek HAKI

Daftar merek HAKI memberikan beberapa manfaat berikut.

1. Menambah Nilai Produk

Berdasarkan CNBC Indonesia, daftar merek HKI dapat bantu tingkatkan nilai jual produk. Kepala Kemenkumham Kanwil Papua, Anthonius M Ayorbaba juga sudah sampaikan hal ini.

Sebagai contoh, ada produk tanpa merek yang dijual 10.000 rupiah. Produk yang punya hak merek ini bisa dijual di atas 10.000 rupiah.

2. Dapat Kepastian Hukum

Merek akan dapat perlindungan di hadapan hukum kalau terdaftar di sistem Kemenkumham. Meski suatu saat usahanya tutup, perlindungan dan kepastian hukum terhadap mereknya tidak akan hilang dan tetap terdaftar.

PPID Kabupaten Bandung nyatakan bahwa daftar merek dagang online ke HAKI akan lindungi merek saat ada pengakuan dari orang lain. Merek yang tidak terdaftar tidak akan dilindungi secara hukum.

3. Pemilik Merek Memiliki Hak Eksklusif

Dengan hak merek, pemiliknya punya hak eksklusif untuk pakai merek. Dia juga bisa beri izin kepada orang lain untuk pakai mereknya.

Pihak lain baru boleh pakai merek itu kalau sudah dapat izin dari pemiliknya. Hal ini sesuai dengan pernyataan Diskominfo SP Surakarta.

Tips Daftar Merek HAKI

Setelah diajukan untuk didaftarkan, sebuah merek tidak otomatis langsung diterima dan mendapatkan hak merek. Ada beberapa hal yang bisa sebabkan ditolaknya pengajuan pendaftaran merek.

Jangan Tiru atau Modifikasi Merek yang Sudah Ada

DJKI Kemenkumham beri arahan untuk tidak tiru atau modifikasi merek yang sudah ada. Jangan ajukan merek yang sama dengan merek yang sudah terdaftar. Maka, lakukan riset dulu sebelum ajukan mereknya.

Tujuan riset ini untuk pastikan merek yang mau diajukan tidak sama dengan merek yang sudah ada. Ajukan merek yang sama dengan yang merek sudah biasanya akan ditolak.

Syarat Daftar Merek HAKI

Anda harus memenuhi beberapa syarat dokumen untuk dapat hak merek. Berdasarkan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan Kabupaten Badung, syarat dokumen daftar brand ke HAKI, yaitu:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon
  • Fotokopi izin usaha OSS berupa IUMK dan NIB
  • Etiket merek
  • Tanda tangan pemohon
  • Surat pernyataan kepemilikan merek
  • Surat rekomendasi UKM yang diterbitkan oleh Dinas Koperasi (dokumen ini dibutuhkan apabila pemohon adalah pelaku UKM)

Syarat Perpanjangan Hak Merek

Hak merek punya masa berlaku selama sepuluh tahun terhitung dari tangga; permohonan daftar merek diterima. Karena ada masa berlakunya, maka Anda perlu perpanjang lagi hak mereknya.Β 

Menurut Hukumonline, aturan masa berlaku dan perpanjang hak merek punya tujuan untuk pastikan mereknya memang dipakai untuk produk yang masih diperjualbelikan.

Anda harus melengkapi beberapa dokumen untuk perpanjang hak merek yang meliputi:

  • Surat pernyataan yang berisi keterangan bahwa merek tersebut masih dipakai untuk barang atau jasa
  • Surat kuasa (apabila permohonan perpanjangan diwakilkan oleh orang lain)
  • Bukti pembayaran biaya

Permohonan perpanjang hak merek bisa disetujui kalau:

  • Merek yang bersangkutan masih dipakai pada produk baik barang maupun jasa
  • Barang atau jasa yang memakai merek tersebut masih diproduksi dan/atau diperjualbelikan

Agar hak merek Anda diperpanjang, penuhi syarat-syarat ini. Kalau permohonan perpanjang hak merek tidak sesuai syarat, maka permohonannya bisa ditolak.Β 

Sekian artikel mengenai daftar merek HAKI. Silakan hubungi Legalist apabila Anda butuh jasa pengurusan dokumen legalitas usaha. Legalist juga menyediakan jasa pengurusan daftar merek HKI online.