Sebagai seorang pebisnis selain mengetahui bagaimana cara cek daftar merek, Anda juga perlu tahu apa yang dimaksud dengan merek dagang dan fungsi-fungsinya. Merek dagang juga bisa berupa lambang dari perusahaan tersebut. 

Biasanya lambang bisnis digunakan oleh para pedagang besar untuk memudahkan proses pemasaran produk. Karena itu, Anda perlu cek HKI atau merek dagang jika akan membuat bisnis sendiri. 

Apa Itu Merek Dagang?

Bagi yang baru membuka bisnis kemungkinan besar masih tidak tahu apa itu HKI atau merek dagang perusahaan. Pengertian merek dagang adalah salah satu jenis Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki oleh seorang pebisnis.

Jadi, tidak hanya pencipta karya seperti penulis saja yang memiliki HKI. Kalau seniman memiliki HKI pada karyanya, pebisnis memiliki HKI untuk nama brand perusahaan. Merek dagang bisa berupa desain, ekspresi, dan tanda yang bisa mengidentifikasi produk tersebut. 

Ada banyak fungsi merek dagang salah satunya adalah memudahkan distributor untuk mengenali produk tersebut. Dengan adanya HKI ini, pebisnis bisa membuat sebuah produk menjadi tampak unik dan berbeda dari yang lainnya. 

Jika produk sudah dikenal masyarakat luas, akan lebih mudah bagi konsumen untuk mengenali produk tersebut. Ketika pihak berwenang sudah menyetujui merek dagang tersebut, itu artinya perusahaan Anda sudah terlindungi oleh hukum.

Karena itu, penting untuk melakukan cek daftar merek secara online agar tahu apakah perusahaan Anda sudah terdaftar atau belum. Dengan begitu, tidak ada pebisnis lain yang akan meniru nama perusahaan tersebut. 

Jadi, daftar merek yang sudah terdaftar di HAKI, tidak bisa ditiru oleh siapapun karena bisa terkena pelanggaran. Adapun jika merek tersebut sudah terdaftar di HAKI maka berlaku selama 10 tahun sejak waktu penjualan dimulai. 

Tentu saja Anda bisa langsung memperpanjang pendaftaran merek dagang tersebut jika sudah habis masanya.

Fungsi Merek Dagang 

Paling penting diketahui mengenai apa saja fungsi dari merek dagang bagi pebisnis. Hal ini agar Anda bisa segera mendaftarkan brand milik perusahaan. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai fungsi merek dagang.

1.Sebagai Alat untuk Promosi 

Fungsi pertama dari mendaftarkan brand ke PDKI (Pangkalan Data Kekayaan Intelektual) adalah untuk alat promosi ke konsumen. Hal ini agar konsumen bisa lebih mudah mengenali barang tersebut dan tahu apa kegunaannya. 

Apalagi kalau produk tersebut sudah berdiri sejak lama, hanya dengan menyebut merek tertentu saja sudah bisa mengingat produk tersebut. Jadi, dengan adanya suatu merek, Anda secara tidak langsung bisa mempromosikan produk ke konsumen baru. 

Semakin terkenal dan unik suatu merek, semakin banyak pula konsumen yang penasaran lalu membelinya. Ini adalah salah satu langkah pemasaran yang menarik dan harus Anda coba.

2.Terjamin Kualitasnya

Apabila Anda sudah Cek HKI online dan tertera nama produk Anda itu akan sangat menguntungkan. Apabila produk tersebut sudah terdaftar di PDKI, maka akan banyak konsumen yang akan membeli produk tersebut.

Selain itu, kalau produk tersebut memiliki ketahanan yang baik dan tahan lama, maka konsumen akan menyukainya dan terus membelinya. Tentu saja merek tersebut akan selalu menjadi pilihan pertama karena kualitasnya sudah terjamin. 

Untuk itulah Anda perlu terus rutin cek daftar merek agar bisa terus memasarkan produk. Jadi, ketika seseorang menyebutkan merek tertentu, maka akan langsung teringat dengan produk Anda. 

3. Tanda Pengenal

Fungsi adanya PDKI Indonesia bagi pebisnis adalah untuk mengamankan merek perusahaan agar tidak dicuri orang lain. Hal ini karena fungsi dari adanya merek dagang yaitu sebagai tanda pengenal agar bisa membedakannya dengan barang lain. 

Hal ini karena konsumen bisa dengan mudah mengidentifikasi barang yang dibutuhkan. Ketika sudah terdaftar, tidak ada lagi produsen yang bisa menggunakan nama produk tersebut. 

Merek Dagang yang Tidak Bisa Terdaftar di PDKI

Ada beberapa produk yang tidak bisa didaftarkan HKI di PDKI seperti produk yang bertentangan dengan ideologi negara dan agama. Selain itu, produk yang memiliki unsur menyesatkan serta tidak sesuai dengan keterangan yang diproduksi.

Selain itu, barang yang tidak ada pembeda dengan barang lain juga tidak bisa mendapatkan HKI serta lambang dan nama yang dipilih sudah terlalu umum. 

Penutup

Kalau Anda ingin cek daftar merek atau baru akan daftar merek online bisa bekerja sama dengan LEGALIST. Nantinya pihak LEGALIST yang akan membantu Anda mengecek merek dagang untuk bisnis. Kalau butuh informasi selengkapnya bisa simak informasinya di https://legalist.id/