Contoh NIB perusahaan CV dijadikan sebagai gambaran ketika sebuah badan usaha ingin mendaftarkan Nomor Induk Berusahanya. Mengingat perusahaan yang sudah berbadan hukum harus memiliki NIB, maka harus segera melakukan pengajuan pendaftaran NIB.

Hal ini bertujuan untuk mendukung kelegalan badan usaha yang telah memiliki Nomor Induk Berusaha. Oleh sebab itu, berikut penjelasan seputar NIB dan contohnya dalam perusahaan CV!

Pengertian NIB Perusahaan CV

Sebelum mengetahui bagaimana contoh NIB Perusahaan CV, sebaiknya ketahui terlebih dulu pengertian dari NIB CV. Mengingat tidak sedikit orang yang bertanya apa itu NIB pada CV, menjadikan hal ini sebagai langkah dasar sebelum melakukan pendaftaran pengajuan NIB.

NIB Perusahaan CV adalah identitas yang akan dimiliki oleh CV da diberikan oleh pemerinath melalui sistem OSS. Tujuan dari adanya NIB perusahaan CV ini adalah untuk memudahkan terkait pengawasan serta melakukan administrasi kegiatan usaha yang berlangsung di Indonesia.Β 

Sehingga keberadaan NIB ini harus dimiliki oleh setiap badan usaha, tidak hanya badan usaha CV saja. Dengan adanya NIB, maka juga akan menjadi identitas resmi dari sebuah perusahaan yang didirikan. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain dari adanya NIB CV, diantaranya:

  • Mempermudah akses terkait permodalan maupun pinjaman
  • Mendapatkan legalitas perusahaan
  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan
  • Mendapatkan kepastian dan perlindungan badan usaha
  • Menjadi badan usaha resmi di mata hukum

Dari berbagai pengertian dan manfaatnya di atas, maka Anda telah mengetahui pentingnya keberadaan NIB ini dalam sebuah perusahaan CV. Oleh sebab itu, bagi yang belum memilikinya maka bisa langsung mengurusnya.

Syarat Mendapatkan NIB Perusahaan CV

Bagi perusahaan yang ingin mendapatkan NIB, tentu harus melengkapi berbagai syarat untuk pengajuannya. Dalam hal ini, pengajuan NIB perusahaan CV mengharuskan pelaku usaha melengkapi berbagai syarat umum, seperti:

  • Data perusahaan (nama, alamat, jenis usaha, informasi pendukung lainnya)
  • NPWP Perusahaan sebagai identitas perpajakan
  • Akta Pendirian yang telah disahkan oleh KemenkumHAM
  • Izin Usaha
  • Kelengkapan administrasi lainnya (disesuaikan dengan jenis usaha dan ketentuan lain yang diminta)

Dari beberapa syarat umum di atas, maka sebaiknya Anda selaku pemilik usaha bisa menggunakan jasa pengurusan NIB agar mempermudah proses pengajuannya. Adanya jasa pengurusan NIB CV tentu bisa memberikan berbagai kelebihan bagi Anda selama proses pengurusan hingga penerbitannya.Β 

Contoh NIB Perusahaan CV

Setelah mengetahui terkait definisi singkat daan beberapa syarat umumnya, pastinya Anda penasaran dengan contoh NIB perusahaan CV terbaru. Umumnya NIB akan terdiri dari 16 digit angka unik bagi setiap badan usaha yang telah terdaftar di OSS.Β 

Nomor NIB ini akan tercantum pada bagian atas dalam lampiran surat pernyataan. Adapun contoh NIB CV adalah sebagai berikut:

PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA

NOMOR INDUK BERUSAHA (NIB)

5162728293045243

Pemerintah Republik Indonesia c.q Lembaga Pengelola dan Penyelenggara OSS berdasarkan ketentuan Pasal 24 ayat (1) PP Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, menerbitkan NIB kepada:

Nama Perusahaan : CV JAYA ABADI

Alamat Perusahaan : Jalan Mujahidin, Kec. Sugihwaras, Kab. Sugihwaras, Jatim

NPWP : 70.726.928.7-728.000

Nomor Telepon : 081736401199

Nomor Fax : –

Email : [email protected]

Nama KBLI : –

Kode KBLI : 89004, 41920, 65389, 51623

Status Penanaman Modal : PMDN

NIB merupakan idientitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha dan masa berlakunya selama menjalankan kegiatan usaha sesuai ketentuan perundang-undangan.

NIB adalah bukti Pendaftaran Penanaman Modal sekaligus merupakan pengesahan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

OSS memiliki kewenangan dalam melakukan evaluasi dan perubahan atas izin usaha sesuai ketentuan rundang-ndangan.

Semua data yang tercantum dalam NIB bisa berubah sesuai dengan perkembangan kegiatan usaha yang dijalankan.

Ditetapkan tanggal: 22 Oktober 2024

Perubahan ke-2

Jasa Pengurusan NIB Perusahaan CV

Bagi Anda yang ingin mendapatkan NIB CV, maka bisa menggunakan layanan pengurusan di Legalist.id. Pada layanan kami akan membantu mempermudah proses pengurusan Nomor Induk Berusaha Anda.

Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung lampiran NIB apa saja, sebab layanan kami akan mengarahkan mulai dari persiapan persyaratan hingga proses penerbitannya. Bahkan kami juga menawarkan berbagai layanan lainnya seputar pengurusan perizinan.

Setelah melihat contoh NIB perusahaan CV dan bagi Anda yang ingin mengurusnya, maka bisa menggunakan layanan kami di Legalist.id.