Cara mengecek nomor AHU menjadi salah satu hal yang penting bagi pemilik PT. Mengingat AHU ini merupakan sistem layanan publik yang dikeluarkan oleh Ditjen AHU, menjadikan Anda harus memahami seputar AHU mulai dari definisi hingga cara mengeceknya.Β 

Apalagi bagi yang ingin mendirikan PT, keberadaan AHU ini sangatlah berperan penting dalam proses pendiriannya. Lantas, apa yang dimaksud dengan AHU dan bagaimana cara mengecek nomornya? Yuk, simak!

Apa Itu AHU?

AHU adalah layanan publik yang diterbitkan oleh pemerintah RI melalui Kementerian Hukum dan HAM. AHU atau Administrasi Hukum Umum ini lebih tepatnya dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal AHU. Jadi dalam penerbitan sistemnya ini bisa leluasa diakses oleh masyarakat secara umum.Β 

Dengan adanya sistem ini, maka akan mempermudah masyarakat ketika ingin mengurusi perizinan di berbagai jenis bidang usaha yang berhubungan dengan administrasi hukum. Selain itu, keberadaannya ini juga akan dibutuhkan bagi Anda ketika ingin mendirikan sebuah Perseroan Terbatas.Β 

Jadi kesimpulannya ialah AHU akan digunakan dengan tujuan agar badan usaha Anda bisa mendapatkan SK Kemenkumham. Adanya SK Kemenkumham ini menjadikan badan usaha atau PT Anda bisa beroperasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.Β 

Jadi bagi Anda pemilik perusahaan atau yang baru akan mendirikan perusahaan, maka wajib memahami seputar AHU dengan jelas. Biasanya untuk nomor AHU badan usaha yang sudah muncul bisa diakses dan di cek untuk mengetahui statusnya dengan lebih jelas.Β 

Cara Mengecek AHU

Setelah mengetahui secara singkat seputar pengertian AHU, kini Anda harus mengetahui bagaimana cara mengecek nomor AHU. Pada dasarnya, cara yang dilakukan untuk melakukan pengecekan ini sangat mudah dan simpel.Β 

Anda hanya perlu untuk mengecek nomor AHU di situs onlinenya secara langsung. Adapun situs onlinenya, yaitu ahu.go.id. Adapun cara lengkap yang bisa Anda lakukan, yakni sebagai berikut:

  1. Cek profil yayasan dengan masuk ke halaman AHU OnlineΒ 
  2. Klik menu β€˜Pencarian/Unduh Data’
  3. Cek nama perseroan Anda dengan masuk ke menu β€˜Perseroan Terbatas’ 
  4. Cek nomor AHU-nya

Dengan melakukan pengecekan nomor AHU tersebut, maka Anda bisa mengetahui status dan identitas nomornya yang mungkin akan dibutuhkan untuk beberapa keperluan.Β 

Jenis-Jenis Layanan Sistem AHU

AHU memang dikenal sebagai situs layanan publik yang bisa diakses untuk berbagai kepentingan yang berkaitan dengan administrasi hukum umum. Oleh sebab itu, terdapat beberapa jenis layanan yang bisa Anda akses dengan menggunakan situs ini. Adapun jenis layanan AHU, yakni sebagai berikut:

1. Kenotariatan

Layanan pertama yang bisa diakses dengan menggunakan layanan AHU adalah kenotariatan. AHU bisa membantu menyelesaikan berbagai aktivitas kenotariatan, seperti registrasi, pengangkatan, hingga pelatihan peningkatan jabatan sekalipun. Selain itu, AHU juga bisa digunakan untuk mengajukan cuti serta mutasi.

2. Fidusia dan Wasiat

Selain kenotariatan, layanan ini juga bisa digunakan untuk mengurusi seputar fidusia dan wasiat. Jadi jika Anda membutuhkan pengalihan hak atas kepemilikan barang (fidusia) atau pelaporan wasiat, maka bisa memanfaatkan layanan atau situs AHU ini.

3. Pendirian Badan Usaha

Situs AHU online saat ini memang banyak dimanfaatkan bagi pengusaha yang ingin mendirikan PT. Sehingga keberadaan AHU ini bisa berguna untuk membantu pendirian berbagai badan usaha, seperti Perseroan Terbatas, Firma, CV, dan beberapa badan usaha lainnya.Β 

4. SIMPADHUΒ 

AHU banyak juga digunakan untuk mengurusi hal yang berkaitan dengan SIMPADHU. Dengan menggunakan sistem ini, maka akan membantu penggunanya ketika ingin menyelesaikan urusan terkait dengan pembayaran layanan jasa hukum yang diajukan.Β 

Jadi sistem pembayaran yang telah terintegrasi inilah akan membebaskan Anda dari pungutan liar dan menjadikan laporan keuangannya menjadi akuntabel.

Jasa Pengurusan AHU Badan Usaha Terpercaya

Setelah mengetahui berbagai informasi di atas mulai dari pengertian, cara mengecek, hingga kegunaannya, mungkin Anda membutuhkan nomor AHU untuk berbagai kepentingan. Nah, untuk membantu Anda melakukan pendaftaran hingga menerima nomornya, maka bisa menggunakan layanan dari LEGALIST.

LEGALIST sebagai layanan terpercaya yang membantu masyarakat Indonesia mengurusi perizinan, memungkinkan Anda bisa mendapatkan layanan pengurusan nomor AHU dengan maksimal.Β 

Ditangani langsung oleh tim ahli dibidangnya, menjadikan proses pengurusannya bisa lebih cepat. Jadi bagi Anda yang ingin menggunakan layanan kami untuk pengurusan perizinan hingga membantu cara mengecek nomor AHU, maka bisa langsung menghubungi web resmi Legalist.id atau IG @legalistindonesia.Β